Forsesdasi Kalteng diharap dukung pemda pacu kesejahteraan masyarakat

id pemprov kalteng, wagub kalteng edy pratowo, forsesdasi kalteng, kalimantan tengah, Forum Sekretaris Daerah Seluruh Indonesia

Forsesdasi Kalteng diharap dukung pemda pacu kesejahteraan masyarakat

Pengukuhan Forsesdasi Kalteng periode 2024-2027 di Palangka Raya, Senin (26/8/2024). (ANTARA/Dokumentasi Pribadi)

Palangka Raya (ANTARA) -
Wakil Gubernur Kalimantan Tengah (Kalteng) Edy Pratowo mengukuhkan Pengurus Komisariat Wilayah Forum Sekretaris Daerah Seluruh Indonesia (Forsesdasi) provinsi setempat periode 2024-2027 yang diketuai atau dipimpin Tony Harisinta yang merupakan Sekda Pulang Pisau.
 
"Kami harap kepengurusan Forsesdasi Kalteng periode 2024-2027 dapat menjadi sarana saling dukung dan akhirnya menjadi tonggak pemersatu," kata Edy Pratowo di Palangka Raya, Senin.
 
Forsesdasi Kalteng diharap juga menjadi sarana dalam menyatukan pemikiran, langkah dan tekad untuk memajukan serta menyejahterakan masyarakat Kalimantan Tengah maupun Indonesia.
 
"Forsesdasi dibentuk sebagai wadah bagi seluruh sekda untuk ikut berpartisipasi dalam perumusan kebijakan nasional terkait dengan pemerintahan daerah," jelasnya selaku Pengawas Komisariat Wilayah Forsesdasi Kalteng.
 
Menurutnya seorang sekda memiliki posisi dan peran yang sangat penting dalam penyelenggaraan pemerintahan daerah. Sekda bertugas membantu kepala daerah dalam menyusun kebijakan, koordinasi pelaksanaan tugas, serta pelayanan administrasi agar seluruh perangkat daerah bekerja sesuai visi dan misi kepala daerah.
 
"Maka profesionalisme dan integritas menjadi persyaratan yang mutlak bagi seorang sekretaris daerah," tegasnya.

Baca juga: Ikuti Pilkada 2024, sejumlah pejabat Pemprov Kalteng ajukan pengunduran diri
 
Edy Pratowo memaparkan, dalam penyelenggaraan pemerintahan daerah, seorang sekda memegang peran kunci sebagai pemimpin perubahan bagi ASN, sehingga tidak cukup hanya menjadi role model atau panutan, tetapi harus menjadi guardian bagi core values ASN.
 
"Hingga pada akhirnya tercipta ASN yang ber-AKHLAK dalam melaksanakan seluruh pekerjaannya untuk kepentingan seluruh masyarakat," ujarnya.
 
Dia pun mengingatkan agar Forsesdasi Kalteng jangan menjadi organisasi yang ikut berpolitik, atau menjadi organisasi yang eksklusif serta tidak menjadi beban bagi pemerintah daerah.
 
Diharap Forsesdasi Kalteng mampu menjadi organisasi yang mempunyai manfaat positif untuk kepentingan daerah dan kepentingan bangsa dan negara.

Baca juga: Bantu masyarakat, Pemprov Kalteng tingkatkan rasio elektrifikasi menuju 100 persen

Baca juga: KPU perkuat peran media dalam informasi Pilkada di Kalimantan Tengah

Baca juga: Gerindra, PKS & PAN usung Agustiar Sabran-Edy Pratowo di Pilkada Kalteng 2024