Tiga paslon peserta Pilkada Barito Selatan sudah kantongi nomor urut

id Tiga paslonpeserta Pilkada Barito Selatan sudah kantongi nomor urut, kalteng, barsel, Barito selatan

Tiga paslon peserta Pilkada Barito Selatan sudah kantongi nomor urut

Tiga pasangan calon bupati dan calon wakil bupati saat memperlihatkan nomor urut hasil pengundian dalam rapat pleno KPU Barito Selatan, di Buntok, Senin (23/9/2024). ANTARA/Bayu Ilmiawan.

Buntok (ANTARA) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Barito Selatan, Kalimantan Tengah melaksanakan pengundian nomor urut pasangan calon bupati dan calon wakil bupati yang akan maju di Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) setempat.

Ketua KPU Barito Selatan, Roslina mengatakan, pengundian nomor urut pasangan calon tersebut dilaksanakan dalam rapat pleno terbuka yang dilaksanakan pada hari ini.

"Pengundian nomor urut ini dilaksanakan terhadap tiga pasangan calon bupati dan calon wakil bupati yang sudah ditetapkan sebagai peserta pilkada pada tahapan sebelumnya," katanya usai memimpin rapat pleno tersebut di Buntok, Senin.

Ia menerangkan, berdasarkan hasil pengundian, pasangan nomor urut 1 adalah Pe'i-Ina Prayawati, nomor urut 2 adalah Juana-Tini Rusdihatie, sedangkan nomor urut 3 adalah Eddy Raya Samsuri-Khristianto Yudha.

Dikatakannya, usai pengundian nomor urut pasangan calon bupati dan calon wakil bupati, juga dilaksanakan deklarasi kampanye pilkada damai.

"Masing-masing pasangan calon bersama partai pengusung dan pendukung serta tim kampanye mengucapkan ikrar dan menandatangani bersama-sama ikrar tersebut," ucapnya.

Setelah ini, kata Roslina, pada 25 September 2024, sudah memasuki tahapan kampanye. Diharapkan kepada seluruh masyarakat agar menjaga keamanan dan ketertiban selama tahapan tersebut berlangsung.

Ia juga berharap kepada masyarakat agar berpartisipasi dalam pelaksanaan pemungutan suara pada 27 November 2024 mendatang. Warga diminta menyalurkan hak pilih sesuai dengan hati nuraninya masing-masing di Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang namanya sudah terdaftar.

"Kita berharap pelaksanaan Pilkada di Barito Selatan dapat berjalan dengan tertib, aman, lancar dan sukses, serta menghasilkan pemimpin yang terbaik dari yang terbaik bagi kemajuan dan kesejahteraan masyarakat di daerah ini," harap Roslina.

Sementara pasangan calon nomor urut satu, H. Pe'i-Ina Prayawati pada saat diwawancarai awak media mengatakan, sangat bersyukur mendapat nomor urut satu dan dirinya bersama partai pengusung dan pendukung serta tim kampanye akan berjuang secara maksimal untuk memenangkan pilkada Barito Selatan.

Baca juga: Tiga paslon ditetapkan menjadi peserta Pilkada Barito Selatan

Menurut dia, berdasarkan hasil survei, elektabilitas pasangan calon nomor urut satu terus mengalami peningkatan dan hingga kini sudah mencapai angka 55 persen.

"Semoga semua itu dapat terwujud, dan semoga kita bisa memenangkan pilkada Barito Selatan," ucap Pe'i.

Sedangkan pasangan calon bupati dan calon wakil bupati nomor urut dua, Juana-Tini Rusdihatie pada kesempatan itu juga menyampaikan, sangat bersyukur memperoleh nomor urut dua dan ini merupakan nomor keberuntungan bagi mereka.

Artinya lanjut dia, sudah saatnya paslon nomor urut dua memimpin kabupaten ini dan kemenangan paslon ini merupakan kemenangan seluruh masyarakat Barito Selatan dari semua aspek, baik aspek sosial, ekonomi, pendidikan dan kesehatan serta aspek lainnya.

"Kita mengharapkan dukungan dari seluruh masyarakat Barito Selatan agar pasangan Juana-Tini Rusdihatie bisa memenangkan Pilkada Barito Selatan," tuturnya.

Pasangan calon bupati dan calon wakil bupati nomor urut tiga, Eddy Raya Samsuri-Khristianto Yudha saat diwawancarai awak media juga mengatakan, nomor urut tiga merupakan nomor hoki bagi mereka.

Dikatakannya, semoga saja ini menjadi berkah dan lambang bagi seluruh masyarakat untuk memenangkan pasangan calon bupati dan calon wakil bupati, Eddy Raya Samsuri-Khristianto Yudha di Pilkada Barito Selatan.

"Kami memohon doa restu dari semua masyarakat agar pelaksanaan masa kampanye berlangsung dengan damai, serta terpilihnya pemimpin yang memiliki itikad dan kharisma yang baik. Kami mengharapkan masyarakat mendukung serta memenangkan kami di Pilkada Barito Selatan," harap Eddy Raya Samsuri.

Acara pengundian nomor urut pasangan calon bupati dan calon wakil bupati tersebut di hadiri yang mewakili penjabat bupati, serta Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) dan sejumlah pendukung serta tim kampanye masing-masing pasangan calon.

Dalam kegiatan yang berlangsung di aula kantor KPU Barito Selatan itu, dijaga ketat aparat kepolisian dari Polres Barito Selatan yang juga dibantu anggota dari Kodim 1012 Buntok.

Baca juga: Transaksi di Barsel Expo 2024 capai Rp14 miliar

Baca juga: JM Sinaga terpilih secara aklamasi menjadi Ketua PWI Barsel

Baca juga: Hijau Daun dan Putri Aulia meriahkan penutupan Barsel Expo 2024