KPU agendakan dua kali debat paslon Pilkada Gumas, berikut jadwalnya

id debat publik gumas, pilkada gumas, kuala kurun, gunung mas, jaya s monong, kusnadi b halijam

KPU agendakan dua kali debat paslon Pilkada Gumas, berikut jadwalnya

Anggota KPU Kabupaten Gunung Mas Sugiono. (ANTARA/Chandra)

Kuala Kurun (ANTARA) -
Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Gunung Mas, Kalimantan Tengah mengagendakan dua kali debat publik pasangan calon (paslon) bupati dan wakil bupati pada Pilkada 2024.
 
Anggota KPU Gumas Sugiono saat dihubungi dari Kuala Kurun, Selasa, mengatakan debat publik rencananya akan dilaksanakan di Gedung Pertemuan Umum Damang Batu Kuala Kurun, Sabtu 26 Oktober 2024 dan Kamis 7 November 2024.
 
“Tema debat pertama adalah terkait ekonomi, infrastruktur dan lingkungan hidup. Sedangkan tema debat kedua adalah terkait layanan publik dan sumber daya manusia (SDM) yang unggul,” ungkapnya.
 
Pada pelaksanaan debat paslon bupati dan wakil bupati, tutur dia, KPU Gumas melibatkan panelis yang berasal dari Universitas Palangka Raya dan Universitas Muhammadiyah Palangkaraya.
 
Debat pertama akan ada dua moderator dan empat panelis, sedangkan debat kedua akan ada dua moderator dan lima panelis. Debat juga akan disiarkan secara langsung di TVRI dan melalui kanal Youtube KPU Gumas, mulai 19.30 WIB.
 
“Nantinya masing-masing tim hanya diperkenankan membawa 50 orang. Jadi calon bupati dan wakil bupati sudah dua orang, sisanya 48 orang entah itu tim pemenang atau keluarga paslon,” papar Sugiono.

Baca juga: Puluhan warga manfaatkan layanan kesehatan saat Harganas di Gumas
 
Untuk diketahui, Pilkada Gumas 2024 diikuti dua paslon bupati dan wakil bupati, yakni nomor urut 1 Jaya S Monong-Efrensia LP Umbing, dan nomor urut 2 Kusnadi B Halijam-Daldin.
 
Paslon Jaya S Monong-Efrensia LP Umbing diusung oleh tujuh partai politik yakni NasDem, PAN, PKB, Golkar, Gerindra, Demokrat, dan Perindo. Sedangkan paslon Kusnadi B Halijam-Daldin diusung oleh PDI Perjuangan
 
KPU Gumas juga telah menetapkan 89.540 pemilih masuk dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT) dalam Pilkada Serentak 2024. Adapun rinciannya 47.006 pemilih laki-laki dan 42.534 pemilih perempuan.
 
Kecamatan dengan DPT terbanyak adalah Kurun sebanyak 22.994 pemilih, disusul Tewah 14.211 pemilih, Manuhing 7.964 pemilih, Rungan 7.779 pemilih, Sepang 6.015 pemilih, dan Kahayan Hulu Utara 5.968 pemilih.
 
Kemudian Mihing Raya sebanyak 5.042 pemilih, Rungan Hulu 4.804 pemilih, Rungan Barat 4.481 pemilih, Manuhing Raya 4.051 pemilih, Damang Batu 3.416 pemilih, dan Miri Manasa 2.815 pemilih.

Baca juga: DPRD Gumas berharap Kampung Keluarga Berkualitas ciptakan desa bebas narkoba

Baca juga: Penjabat Bupati Gumas canangkan 104 Kampung Keluarga Berkualitas

Baca juga: Penjabat Bupati Gumas tegaskan pemkab komitmen dukung program kerja Presiden