BPPKB Seruyan Gelar Orientasi Konseling PIK-Remaja

id BPPKB Seruyan, Sumarjono, KB, PIK-Remaja

BPPKB Seruyan Gelar Orientasi Konseling PIK-Remaja

Ilustrasi (Istimewa)

Kuala Pembuang (Antara Kalteng) - Badan Pemberdayaan Perempuan dan Keluarga Berencana Kabupaten Seruyan, Kalimantan Tengah, menggelar Orientasi Pusat Informasi dan Konseling Remaja (PIK-Remaja) di Kuala Pembuang, Selasa.

"Orientasi PIK-Remaja untuk memberikan pemahaman kepada keluarga terutama remaja untuk berperilaku hidup sehat," kata Kepala Badan Pemberdayaan Perempuan dan Keluarga Berencana (BPPKB) Seruyan Sumarjono.

Ia menjelaskan, PIK-Remaja merupakan salah satu wadah yang dikembangkan dalam program Generasi Berencana (Genre) guna memberikan pelayanan informasi dan konseling tentang pendewasaan usia perkawinan.

"Tujuanya meningkatkan pemahaman remaja tentang kesehatan dan hak-hak reproduksi untuk mempersiapkan kehidupan berkeluarga dalam mendukung upaya peningkatan kualitas generasi mendatang," katanya.

Ia mengatakan, keberadaan dan peranan PIK-Remaja sangat penting dalam membantu remaja untuk mendapatkan informasi dan pelayanan konseling yang cukup dan benar tentang kesehatan reproduksi remaja, agar para remaja memiliki karakter yang baik, keterampilan, wawasan dan keimanan yang kuat.

"Di dalam PIK-Remaja ada Pendidik Sebaya (PS) dan Konselor Sebaya (KS) yang bertugas memberikan penyuluhan serta pembinaan ke dalam kelompok remaja, misalnya menjelaskan tentang bahaya seks bebas dan narkoba,� katanya.

Kegiatan PIK-Remaja yang diikuti oleh 130 orang dari berbagai perwakilan sekolah dan mahasiswa, menghadirkan narasumber dari kepolisian, tokoh agama serta tenaga kesehatan.

Selain diberi pemahaman tentang kesehatan reproduksi, para remaja juga mendapatkann pemahaman tentang bahaya seks bebas dan narkoba dari sudut pandang agama, kesehatan serta dampak sosial akibat perilaku menyimpang tersebut.