Formasi CPNS guru bahasa Indonesia paling diminati di Pemprov Kalteng, berikut rinciannya

id Pemprov kalteng, kalteng, palangka raya, cpns, pns, abdi negara, pegawai negeri, formasi, kuota, guru, tenaga guru, bkd, bkn, asn, tes, seleksi, penda

Formasi CPNS guru bahasa Indonesia paling diminati di Pemprov Kalteng, berikut rinciannya

Ilustrasi seorang guru dan murid. (ANTARA/Arief Priyono)

Palangka Raya (ANTARA) - Berdasarkan data yang dimiliki Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Provinsi Kalimantan Tengah, guru bahasa Indonesia menjadi formasi paling diminati dengan jumlah pendaftar sebanyak 638 orang, pada penerimaan calon pegawai negeri sipil (CPNS)  2019.

"Tersedia sebanyak 111 formasi guru bahasa Indonesia dan yang telah mengisi formulir sebanyak 638 orang, namun yang submit hanya sebanyak 630 orang," kata Kepala Bidang Pengembangan BKD Kalteng Suhufi Ibrahim di Palangka Raya, Rabu.

Disusul guru matematika dengan jumlah yang mengisi formulir sebanyak 556 orang dan submit sebanyak 549 orang, memperebutkan sebanyak 77 formasi. Guru fisika sebanyak 378 orang mengisi formulir dan 375 orang submit, memperebutkan sebanyak 21 formasi.

Kemudian guru kimia dengan jumlah pendaftar yang mengisi formulir sebanyak 336 orang dan submit sebanyak 333 orang, memperebutkan 11 formasi. Guru biologi sebanyak 313 orang mengisi formulir dan submit 308 orang, memperebutkan enam formasi.

Baca juga: 23 formasi CPNS Barito Utara tidak ada pelamar

Baca juga: Berkas fisik pendaftar CPNS Pemprov Kalteng banyak belum masuk, BKD bersedia menunggu

Baca juga: Pelamar CPNS Gumas capai 3.755 orang


Selanjutnya guru ekonomi dengan jumlah pendaftar mengisi formulir sebanyak 294 orang dan submit sebanyak 281 orang, memperebutkan tujuh formasi. Guru geografi pendaftar mengisi formulir dan submit sebanyak 260 orang, memperebutkan 13 formasi.

"Pendaftar terbanyak didominasi formasi tenaga guru, namun hal ini sesuai dengan kuota yang tersedia yang memang banyak dialokasikan untuk tenaga guru," jelasnya kepada ANTARA.

Seperti yang diketahui bersama formasi yang tersedia pada seleksi penerimaan CPNS lingkup pemprov sebanyak 381 formasi, terdiri dari 268 formasi tenaga pendidik, 71 formasi tenaga kesehatan dan 43 formasi tenaga teknis.

Baca juga: 13 formasi CPNS Kotim tidak ada pendaftar

Baca juga: Sejumlah pendaftar seleksi CPNS Pemprov Kalteng dinyatakan TMS

Baca juga: Ini daftar sementara formasi CPNS yang diminati pada Pemkab Bartim


Lebih lanjut Suhufi menjelaskan, untuk formasi lainnya juga memiliki pendaftar, terkecuali dua formasi yaitu dokter spesialis jantung dan perawat gigi. Untuk dokter spesialis jantung tersedia sebanyak satu formasi dan tidak ada yang mendaftar.

Sementara untuk perawat gigi, tersedia sebanyak satu formasi dan yang mengisi formulir sebanyak satu orang, sayangnya satu orang tersebut tidak mensubmit pendaftaran yang ia lakukan.

Ada pula formasi yang minim pendaftar, diantaranya asisten penata anestesi yang tersedia sebanyak satu formasi dan hanya memiliki satu orang pendaftar. Juga pengawas keselamatan angkutan, tersedia satu formasi dan hanya satu orang pendaftar.

Dijelaskannya jumlah pendaftar secara keseluruhan yang mengisi formulir sebanyak 4.774 orang, namun yang submit hanya sebanyak 4.654 orang dan yang sudah diterima dari Kantor Pos sekitar 4.200 berkas fisik.

Baca juga: Empat formasi dokter spesialis di Barut sepi peminat

Baca juga: DPRD ingatkan seleksi CPNS Kotim jangan sampai terganggu defisit anggaran