Barito Timur bersiap ikuti MTQ Kalteng

id Barito Timur bersiap ikuti MTQ Kalteng,Bartim,MTQ

Barito Timur bersiap ikuti MTQ Kalteng

Wakil Bupati Bartim  Habib Saleh melepas pawai ta'aruf MTQ ke-9 tingkat kabupaten di Masjid Jami  Desa Wungkur Kecamatan Awang, Rabu (19/2/2020). ANTARA/Habibullah

Tamiang Layang (ANTARA) - Wakil Bupati Barito Timur Habib Said Saleh Al Qadry mengatakan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke-9 tingkat kabupaten merupakan ajang mencari putra-putri berbakat di bidang baca tulis Al Quran agar bisa bersaing pada MTQ tingkat Provinsi Kalimantan Tengah nanti.

“Ada harapan yang besar agar dalam pelaksanaan MTQ ke-9 ini ada regenerasi dalam mencari putra-putri berbakat dan adanya peningkatan-peningkatan kualitas sehingga bisa bersaing pada MTQ tingkat Provinsi Kalteng nanti yang akan dilaksanakan pada Maret nanti,” kata Habib Saleh usai membuka pawai taaruf MTQ ke-9 tingkat kabupaten di Masjid Jami  Desa Wungkur Kecamatan Awang, Rabu.

Menurutnya, kegiatan agenda rutin dua tahunan itu perlu diperhatikan secara jeli agar bisa menghasilkan putra-putri asli Bartim yang benar-benar memiliki potensi di bidang baca tulis Al Quran. Setelahnya, perlu ada pendampingan dan pembinaan dalam mengasah kemampuannya.

Ditambahkan Habib Saleh, sedangkan pelepasan ini merupakan simbol sosialisasi atau pemberitahuan kepada masyarakat bahwa malam nanti akan dibuka MTQ di lapangan bola Aging Wira Negara Desa Hayaping Kecamatan Awang.

Camat Awang Kandurung mengatakan, warga Kecamatan Awang sangat mendukung dan menyukseskan sesuai dengan agenda yang sudah ditetapkan LPTQ Kabupaten Bartim. Terlebih lagi, dipilihnya Kecamatan Awang menjadi tuan rumah MTQ merupakan bagian yang tidak terlupakan dan menjadi sejarah bagi warga masyarakat awang.

“Acara MTQ dilaksanakan mulai 19 hingga 22 Februari 2020. Walaupun kehidupan di sini heterogen, semua warga dan seluruh pemangku kepentingan di Kecamatan Awang sangat mendukungnya,” kata Kandurung.

Dipaparkan Kandurung, pada pelaksaanaan MTQ itu ada beberapa kategori dan tempat yang dilombakan. Lokasi lomba dipusatkan di lapangan sepak bola Hayaping, SDN 1 dan SDN 2 Hayaping, SMP, aula Kantor Kecamatan Awang, mushola dan mesjid Jami di Desa Wungkur Nanakan.

“Mudah-mudahan apa yang kita harapkan dan apa yang kita rencanakan dari awal, seluruh kegiatan berjalan dengan sukses dan sesuai dengan harapan,” kata Kandurung.

Pelepasan pawai ta'aruf MTQ ke-9 tingkat kabupaten di Masjid Jami  Desa Wungkur Kecamatan Awang dipimpin Wabup Bartim Habib Said Saleh Al Qadry didampingi Ketua DPRD Bartim Nursulistio, Camat Awang Kandurung dan Kapolsek Awang Iptu Debby.

MTQ ke-9 mengusung tema aktualisasi nilai-nilai universal Al Quran dalam mewujudkan kerukunan umat beragama, dengan harapan bisa membawa kedamaian, kerukunan dan kesejahteraan bagi Kabupaten Bartim.

Pewarta :
Uploader : Admin 2
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar