KPU Palangka Raya sosialisasikan tahapan Pilkada Kalteng di lapas

id kpu palangka raya,abdul sani,syairi,pilkada kalteng,pilgub kalteng,lapas kelas ii a palangka raya,KPU Palangka Raya sosialisasikan tahapan Pilkada Kal

KPU Palangka Raya sosialisasikan tahapan Pilkada Kalteng di lapas

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Palangka Raya menyosialisasikan tahapan Pemilihan Gubernur/Wakil Gubernur Kalteng 2020 di Lembaga Pemasyarakatan Kelas II A Palangka Raya, Kamis (5-11-2020). ANTARA/Rendhik Andika

Palangka Raya (ANTARA) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Palangka Raya menyosialisasikan tahapan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Kalimantan Tengah di lembaga pemasyarakatan (lapas).

"Hari ini kami melakukan sosialisasi Pilkada Kalteng di Lapas Kelas II A Palangka Raya dengan sasaran utama para warga binaan," kata anggota KPU Kota Palangka Raya Syairi di Palangka Raya, Kamis.

Selain diikuti warga binaan, sosialisasi Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Kalimantan Tengah oleh Komisi Pemilihan Umum Kota Palangka Raya itu juga diikuti sejumlah sipir.

Baca juga: 5.000 lebih anggota KPPS akan dites cepat

"Melalui sosialisasi ini kami berharap para warga binaan yang memiliki hak pilih dapat memahami pelaksanaan pilkada di tengah pandemi COVID-19. Selain itu, juga untuk memastikan mereka yang memiliki hak pilih menggunakannya dengan baik," kata Syairi.

Anggota KPU Palangka Raya Abdul Sani di lokasi yang sama kepada para peserta menerangkan secara umum pelaksanaan pilkada tidak ada bedanya dengan pesta demokrasi yang sebelumnya.

"Hanya saja karena saat ini tengah ada pandemi maka seluruh tahapan mulai pendaftaran peserta, penetapan, sosialisasi, hingga pemungutan suara dan perhitungan suara menerapkan protokol kesehatan," katanya.

Sosialisasi di Lapas Kelas II A Palangka Raya itu diikuti puluhan peserta yang mewakili seluruh warga binaan di lokasi setempat.

Baca juga: KPU Palangka Raya bekali Relawan Demokrasi tentang teknik penerapan protokol kesehatan

Kalapas Kelas II A Palangka Raya Chandra Lestyono melalui Kasi Binadik Tigor berharap KPU Kota Palangka Raya dapat memastikan seluruh warga binaannya yang memenuhi syarat dapat menggunakan hak pilih pada tanggal 9 Desember 2020.

Dari usulan seluruh penghuni lapas, kata dia, lebih dari 200 yang telah masuk dalam daftar pemilih tetap (DPT), atau masih ada 400-an penghuni tidak masuk DPT.

"Memang sebagian dari penghuni lapas ini bukan warga Kalteng dan sebagian lainnya tidak memiliki KTP dengan alasan belum membuat atau hilang. Kami harap ini juga menjadi perhatian KPU saat pemungutan suara nanti," katanya.

Dalam Pilkada Kalteng 2020, KPU Kota Palangka Raya menetapkan DPT sebanyak 180.771 orang.

Mereka akan melakukan pemungutan suara atau menggunakan hak pilih sesuai dengan lokasi masing-masing yang terbagi di 622 TPS yang tersebar di lima kecamatan dan 30 kelurahan di "Kota Cantik" ini.

Peserta Pilgub Kalteng diikuti oleh pasangan Ben Brahim S. Bahat-Ujang Iskandar dan pasangan Sugianto Sabran-Edy Pratowo.

Baca juga: KPU minta masyarakat aktif mengecek DPT pilkada 2020

Baca juga: KPU: Jadilah pemilih cerdas dengan mengenali visi dan misi paslon

Baca juga: KPU pastikan penerapan protokol kesehatan dalam sosialisasi pilkada