Bhabinkamtibmas-Babinsa disiapkan jadi tracer dan vaksinator di Kalteng

id Kapolda Kalimantan Tengah,Irjen Pol Dedi Prasetyo,Kalimantan Tengah,Kalteng,Bhabinkamtibmas-Babinsa disiapkan jadi tracer dan vaksinator

Bhabinkamtibmas-Babinsa disiapkan jadi tracer dan vaksinator di Kalteng

Personel Polda Kalteng beserta armadanya mengikuti apel kesiapan Bhabinkamtibmas, Babinsa dan Tenaga Kesehatan (Nakes) sebagai tracer dan vaksinator yang dilaksanakan di lapangan Barigas Mapolda Kalteng, Kamis (11/2/2021). ANTARA/Ho-Humas Polda Kalteng

Palangka Raya (ANTARA) - Kapolda Kalimantan Tengah Irjen Pol Dedi Prasetyo memimpin langsung apel kesiapan Bhabinkamtibmas, Babinsa dan tenaga Kesehatan (Nakes) sebagai tracer dan vaksinator upaya mensukseskan pelaksanaan vaksinasi COVID-19.

Pelaksanaan ini merupakan tindak lanjut dari program pemerintah dalam melakukan pelacakan dan vaksinasi nasional, kata Dedi disela-sela memimpin apel di mapolda Kalteng, Kamis. 

"Mengingat pentingnya peran Bhabinkamtibmas dan Babinsa yang ada di kewilayahan bisa menjangkau hingga ke pelosok-pelosok," katanya.

Dikatakan, Polda Kalteng juga sudah mengikuti pelatihan vaksinasi yang diikuti oleh 30 vaksinator COVID-19 yang terdiri dari personel Biddokkes Polda Kalteng, Rumah Sakit Bhayangkara, dan Urusan Kesehatan (Urkes) di setiap polres jajaran.

"Untuk diketahui, jumlah nakes di Polda Kalteng dan jajaran yang sudah divaksinasi sebanyak 172 anggota," ucap jenderal bintang dua itu di dampingi Sekda Provinsi Kalteng Fahrizal Fitri, Danrem 102 Panju/Panjung Brigjen TNI Purwo Sudaryanto.

Ia menambahkan, berdasarkan program pemerintah pelaksanaan vaksinasi dilaksanakan secara bertahap. Tahap satu dengan sasaran nakes periode bulan Januari hingga Februari 2021.

"Tahap II dengan sasaran TNI, Polri, aparat hukum dan petugas pelayanan publik pada minggu ke-IV Februari sampai dengan April 2021," beber Dedi.

Mantan Karobinkar SSDM Polri itu mengimbau, agar semua pihak yang bertugas di lapangan untuk tetap mematuhi protokol kesehatan yaitu memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak.

"Selanjutnya melaksanakan 3T yaitu tracing, testing, treatment) serta menghindari kerumunan," tutupnya.

Baca juga: Bupati Nadalsyah tidak di vaksin COVID-19, ini alasannya

Dalam kegiatan apel tersebut, pihak polda kalteng juga menggelar sejumlah armada baik kendaraan roda dua maupun roda empat bahkan mobil khusus penanganan karhutla juga ditampilkan.

Di Lapangan Barigas itu juga dilaksanakan pelepasan personel beserta armadanya yang dilibatkan dalam gerakan masker dalam rangka pendisiplinan protokol kesehatan COVID-19 di Kalteng.

Baca juga: Vaksin COVID Pfizer-BioNtech ampuh lawan varian Inggris dan Afsel

Baca juga: Akhir Februari, Pemerintah beri 5.000 vaksin COVID-19 ke insan pers

Baca juga: Kadinkes Kalteng : Kurang dari 10 nakes di atas 60 tahun divaksin COVID-19