PT Globalindo Alam Perkasa gelar Vaksinasi Gotong Royong diikuti 500 peserta

id PT Globalindo Alam Perkasa gelar Vaksinasi Gotong Royong diikuti 500 peserta, Kalteng, Globalindo Alam Perkasa, gap, musim mas group, Sampit, Kotim, K

PT Globalindo Alam Perkasa gelar Vaksinasi Gotong Royong diikuti 500 peserta

Dua pekerja perempuan disuntik vaksin COVID-19 oleh petugas dalam Vaksinasi Gotong Royong yang dilaksanakan PT Globalindo Alam Perkasa pada Selasa (26/10) dan Rabu (27/10/2021). ANTARA/HO-PT GAP

Sampit (ANTARA) - Perusahaan besar perkebunan kelapa sawit PT Globalindo Alam Perkasa (GAP) yang beroperasi di Kabupaten Kotawaringin Timur Kalimantan Tengah, menggelar Vaksinasi Gotong Royong bagi pekerja dan keluarga pekerja di lingkungan perusahaan tersebut untuk mencegah penularan COVID-19.

"Selain sesuai arahan pemerintah untuk melaksanakan Vaksinasi Gotong Royong, ini juga merupakan komitmen kami untuk melindungi pekerja dan keluarga pekerja dari penularan COVID-19. Keselamatan mereka menjadi perhatian perusahaan kami," kata Senior Manager Musim Mas Group Wilayah Kalimantan Tengah, Teuku Kanna di Sampit, Kamis.

Vaksinasi dilaksanakan selama dua hari yaitu Selasa (26/10) dan Rabu (27/10) hari ini. Tercatat sebanyak 500 peserta mengikuti vaksinasi ini, terdiri dari pekerja dan anggota keluarga pekerja yang memenuhi syarat untuk divaksinasi.

Vaksinasi ini merupakan vaksinasi dosis pertama dengan jenis vaksin yang digunakan adalah Sinopharm. Pelaksanaan vaksinasi tetap menjalankan protokol kesehatan pencegahan penularan COVID-19.

Untuk melaksanakan vaksinasi COVID-19 ini sepenuhnya dipercayakan kepada tenaga kesehatan dari perusahaan sendiri yaitu dari Klinik M IV Sehat yang sudah terlatih dan bersertifikasi.

Sebelum disuntik vaksin, peserta terlebih dulu menjalani skrining atau pemeriksaan kesehatan untuk memastikan kondisi mereka memenuhi syarat dan aman untuk divaksinasi. 

Pemberian vaksinasi ini diharapkan dapat memberi kekebalan bagi pekerja dan keluarganya sehingga terbentuk "herd immunity" di lingkungan PT Globalindo Alam Perkasa. Harapannya, risiko penularan COVID-19 semakin kecil.

"Selama ini kami di perusahaan selalu menerapkan protokol kesehatan secara ketat, baik terhadap orang maupun barang yang masuk. Vaksinasi ini diharapkan dapat lebih melindungi seluruh pekerja dan keluarganya sehingga bisa beraktivitas dengan aman dan lebih tenang," kata Kanna.
Pekerja sedang antre menjalani skrining kesehatan sebelum disuntik vaksin COVID-19 dalam Vaksinasi Gotong Royong yang dilaksanakan PT Globalindo Alam Perkasa pada Selasa (26/10) dan Rabu (27/10/2021). ANTARA/HO-PT GAP

Selama ini PT Globalindo Alam Perkasa melakukan berbagai kegiatan dalam mencegah penularan COVID-19 seperti melaksanakan protokol kesehatan, memberikan bantuan vitamin dan sembako, serta menyiapkan tempat isolasi mandiri jika ada pekerja atau keluarga pekerja terpapar COVID-19.

Kanna menambahkan, Vaksinasi Gotong Royong ini juga sebagai upaya PT Globalindo Alam Perkasa mendukung langkah pemerintah memutus penularan COVID-19. Semakin banyak orang yang memiliki imunitas bagus setelah divaksinasi maka potensi penularan diharapkan semakin kecil.

"Ini vaksinasi dosis pertama dan selanjutnya akan dilanjutkan vaksinasi dosis kedua. Meski kasus COVID-19 di Kotawaringin Timur menurun, tapi tentu kita harus tetap waspada agar kasus COVID-19 tidak kembali meningkat. Mudah-mudahan pandemi ini segera berakhir," harap Kanna.

Sementara itu Bupati Kotawaringin Timur Halikinnor sebelumnya menyampaikan terima kasih dan apresiasinya kepada perusahaan yang melaksanakan vaksinasi COVID-19 melalui program Vaksinasi Gotong Royong.

Ini merupakan bentuk kepedulian pihak perusahaan dalam melindungi pekerja mereka, sekaligus membantu pemerintah daerah dalam memutus mata rantai penularan virus mematikan tersebut.

"Meski kasus COVID-19 menurun, saya mengimbau kita semua untuk tetap waspada. Kita jangan lengah, jangan abai dan jangan kendur untuk mencegah penularan COVID-19. Semoga pandemi ini segera berakhir sehingga kehidupan kembali normal," demikian Halikinnor.

Baca juga: PT Globalindo Alam Perkasa bagikan ratusan paket sembako untuk masyarakat