Satgas COVID-19 Mura berencana adakan vaksinasi di rumah ibadah

id Kabupaten Murung Raya, Kalimantan Tengah, Ketua Harian Satgas COVID-19 Murung Raya, Hermon, Sekda Murung Raya, vaksinasi COVID-19 di rumah ibadah

Satgas COVID-19 Mura berencana adakan vaksinasi di rumah ibadah

Rapat koordinasi lintas sektoral dalam rangka percepatan vaksinasi massal COVID-19 terhadap para jemaat di wilayah Kabupaten Murung Raya yang berlangsung di aula Setda gedung A, di Puruk Cahu, Kamis (9/12/2021). ANTARA/Supriadi.

Puruk Cahu (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Murung Raya, Kalimantan Tengah, melalui Satuan Tugas (Satgas) penanganan Corona Virus Disease-19 (COVID-19) setempat, berencana melaksanakan vaksinasi di tiap-tiap rumah ibadah dalam rangka menghadapi perayaan Natal  dan Tahun  Baru 2021.

Rencana itu hasil rapat koordinasi (Rakor) lintas sektoral dalam rangka percepatan vaksinasi massal COVID-19 terhadap para jemaat di wilayah ini, kata Ketua Harian Satgas COVID-19 Murung Raya Hermon di Puruk Cahu, Kamis.

"Pada prinsipnya kita mendukung kegiatan Pemerintah untuk vaksinasi yang ditargetkan sampai akhir Desember 2021, dan vaksinasi akan dilaksanakan secara masif di tempat ibadah," tambahnya.

Dikatakan, vaksinasi di rumah ibadah akan dimulai sebelum kegiatan peribadatan pada hari minggu pagi tanggal 12 Desember di sejumlah gereja yang diantaranya di Gereja Hosana, Gereja Santo Klemen dan Gereja Eklesia.

Hermon juga menuturkan, vaksinasi di rumah ibadah tersebut, sebagai upaya mencegah penyebaran COVID-19 dengan membentuk kekebalan imunitas bersama. 

"Dengan semakin banyaknya masyarakat yang divaksin, maka semakin cepat herd immunity terbentuk" tambah Hermon Sekretaris Daerah (Sekda) Murung Raya itu.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Murung Raya Suria Siri mengatakan, sejak instruksi vaksinasi kepada masyarakat ini dimulai, pemerintah daerah bersama TNI-Polri serta jajaran terkait terus bergerak semaksimal mungkin.

"Hingga saat ini kita sudah diangka yang saya yakin bisa kita melampaui target capaian vaksinasi yang telah ditentukan," kata Suria Siri.

Baca juga: Bupati Mura tinjau vaksinasi di Desa Beras Balange

Sedangkan Kabag Ops Polres Murung Raya, Kompol Indras Purwoko menambahkan, koordinasi antar sektor sangat diperlukan untuk tetap mempertahankan tren positif pertumbuhan COVID-19 yang saat ini sudah dapat dikendalikan dengan sangat baik.

"Dengan begitu, saat memasuki libur natal dan tahun baru (Nataru) kasus positif COVID-19 tidak mengalami lonjakan," kata dia.

Acara rapat koordinasi lintas sektoral dalam rangka percepatan vaksinasi massal COVID-19 terhadap para jemaat di wilayah Kabupaten Murung Raya yang berlangsung di aula Setda gedung A, di Puruk Cahu tersebut dihadiri oleh Kepala dinas Kominfo SP,  Bimo Santoso sejumlah ketua Resort, para pengurus rumah ibadah dan stakeholder terkait.

Baca juga: Bupati Murung Raya lantik dua damang kepala adat