Dinkes Palangka Raya fokus vaksinasi anak usia 6-11 tahun

id Dinkes Palangka Raya fokus vaksinasi anak usia 6-11 tahun, kalteng, palangka raya

Dinkes Palangka Raya fokus vaksinasi anak usia 6-11 tahun

Komandan Distrik Militer 1016 Palangka Raya (1016/Plk) Kolonel Infanteri Rofiq Yusuf (kiri) mendampingi anak dalam mengikuti vaksinasi COVID-19 di mapolda Kalteng di Palangka Raya. ANTARA/HO-Pendim 1016/Plk

Palangka Raya  (ANTARA) - Dinas Kesehatan Kota Palangka Raya, Provinsi Kalimantan Tengah, fokus melakukan vaksinasi COVID-19 dengan sasaran anak usia 6-11 tahun.

"Vaksinasi ini, dilakukan untuk melindungi dan meningkatkan daya tahan tubuh anak-anak kita dari ancaman penyebaran COVID-19," kata Kepala Dinas Kesehatan Kota Palangka Raya Andjar Hari Purnomo di Palangka Raya, Selasa.

Dia mengatakan, vaksinasi anak usia 6-11 tahun ini menjadi modal besar untuk mempercepat dan mendukung pembelajaran tatap muka. Termasuk di tingkat sekolah dasar sederajat.

Andjar menambahkan, secara teknis pelaksanaan vaksinasi anak sama dengan vaksinasi remaja. Penyuntikan vaksin COVID-19 dapat dilakukan di Puskesmas, rumah sakit atau pelayanan kesehatan lainnya, serta dapat pula dilakukan di sekolah yang ditunjuk.

"Dengan dilakukannya vaksinasi anak usia SD sederajat, maka para orang tua, guru akan lebih tenang dalam melaksanakan pembelajaran tatap muka terbatas," kata Andjar.

Pernyataan itu diungkapkan dia terkait pelaksanaan vaksinasi COVID-19 dengan sasaran anak usia 6-11 tahun di Mapolda Kalteng.

Di kegiatan yang sama, Komandan Distrik Militer 1016 Palangka Raya (1016/Plk) Kolonel Infanteri Rofiq Yusuf mengatakan pihaknya akan selalu siap mendukung pelaksanaan vaksinasi COVID-19.

Baca juga: Liga 3 zona Kalteng digelar di Palangka Raya

Saat peninjauan vaksinasi itu, Rofiq juga memberikan semangat kepada anak-anak peserta vaksin. Tujuannya agar anak tidak takut dan para orang tua juga tidak waswas usai anak divaksinasi.

Dia pun menginstruksikan seluruh jajarannya, termasuk para Babinsa memastikan pelaksanaan vaksinasi di wilayah teritori berjalan aman dan lancar.

Berdasar data Satgas COVID-19 Kalimantan Tengah, sampai akhir pekan kemarin vaksinasi COVID-19 untuk dosis pertama di Palangka Raya telah tercapai 102,28 persen. Sebanyak 228.509 orang dari 223.417 target vaksinasi telah telah disuntik dosis pertama.

Kemudian, untuk vaksinasi COVID-19 di "Kota Cantik" dosis kedua telah tercapai 83,64 persen atau sebanyak 186.872 orang telah divaksinasi COVID-19.

Baca juga: Sejumlah pejabat ikuti seleksi jabatan Sekda Kalteng

Baca juga: Pembangunan daerah 2022 harus jangkau kebutuhan masyarakat

Baca juga: Polda Kalteng siapkan 1.000 dosis vaksinasi untuk anak usia 6-12 tahun