Bupati Sukamara harapkan Wisata Bukit Jalungga terus dikembangkan

id Pemkab sukamara, wisata bukit jalungga, wisata alam sukamara, bupati sukamara, windu subagio, kalteng, pariwisata, wisatawan

Bupati Sukamara harapkan Wisata Bukit Jalungga terus dikembangkan

Bupati Sukamara Windu Subagio saat peresmian Wisata Alam Bukit Jalungga di Desa Jihing, Kecamatan Balai Riam, Kamis (27/1/2022). (ANTARA/Lalang)

...agar ke depan dapat memaksimalkan kelengkapan atau fasilitas-fasilitas pendukung, selalu menjaga kebersihan di lokasi wisata alam...
Sukamara (ANTARA) - Bupati Sukamara, Kalimantan Tengah Windu Subagio didampingi Ketua TP PKK Siti Zulaiha meresmikan Wisata Alam Bukit Jalungga yang terletak di Desa Jihing, Kecamatan Balai Riam.

“Kita sangat berharap wisata ini menjadi salah satu destinasi bagi wisatawan lokal maupun luar daerah," katanya di sela kegiatan, Kamis.

Hingga pada akhirnya meramaikan serta memberikan manfaat yang baik bagi masyarakat Desa Jihing, maupun Sukamara.

Menurutnya, banyak potensi yang bisa dikembangkan di wilayah setempat, salah satunya potensi wisata alam, seperti yang dikenal pada bagian selatan dengan nama Jelunci (Kecamatan Jelai dan Kecamatan Pantai Lunci), dengan wisata pantainya.

“Di bagian utara kita kenal dengan Balai Permata (Kecamatan Balai Riam dan Kecamatan Permata Kecubung) yang merupakan wilayah perbukitan, dengan potensi wisata alam perbukitan seperti tempat wisata Bukit Jelungga,” imbuhnya.

Lebih lanjut ia mengucapkan terima kasih kepada seluruh masyarakat Desa Jihing serta pihak terkait, karena bisa menggali dan memanfaatkan potensi yang ada. Juga mampu meningkatkan kualitas sumber daya alam dan manusia, serta membangkitkan gairah perekonomian.

“Saya berpesan, agar ke depan dapat memaksimalkan kelengkapan atau fasilitas-fasilitas pendukung, selalu menjaga kebersihan di lokasi wisata alam, sehingga pengunjung merasa nyaman dan jangan lupa selalu mematuhi protokol kesehatan,” ungkapnya.

Perlu saya sampaikan juga, destinasi wisata alam merupakan salah satu keunggulan komparatif yang telah dimiliki dan harapannya dapat menjadi salah satu ikon lokasi wisata yang wajib dikunjungi oleh wisatawan di Sukamara.

“Harapan saya agar di lokasi ini, kiranya setiap tahun dibuatkan agenda tetap yang terdaftar di Dinas Porapar, yaitu sebuah event atau festival yang akan mengangkat adat istiadat dan kearifan warga lokal setempat,” demikian Windu.