Anggota Paskibraka Kotim diharapkan jadi pemuda pelopor kemajuan

id Anggota Paskibraka Kotim diharapkan jadi pemuda pelopor kemajuan, kalteng, Sampit, kotim, Kotawaringin Timur, Paskibraka kotim, kotawaringin Timur, Ha

Anggota Paskibraka Kotim diharapkan jadi pemuda pelopor kemajuan

Bupati Halikinnor bersama Forum Koordinasi Pimpinan Daerah memberi ucapan selamat kepada anggota Paskibraka yang baru dikukuhkan, Selasa (16/8/2022). ANTARA/Norjani

Sampit (ANTARA) - Anggota Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Kabupaten Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah, diharapkan tidak hanya sukses menjalankan tugas pengibaran bendera merah putih, tetapi juga menjadi pribadi yang lebih baik sehingga menjadi pemuda pelopor kemajuan. 

"Kami harap anggota Paskibraka ini tidak hanya selesai setelah menunaikan tugas pengibaran dan penurunan bendera, tetapi untuk ke depannya mereka diharapkan menjadi pemuda pelopor kemajuan yang dapat menjadi teladan di masyarakat," kata Bupati Halikinnor di Sampit, Selasa. 

Harapan itu disampaikan Halikinnor usai mengukuhkan 71 orang anggota Paskibraka Kotawaringin Timur. Mereka akan bertugas mengibarkan dan menurunkan bendera merah putih dalam upacara memperingati Hari Kemerdekaan Republik Indonesia pada Rabu (17/8). 

Pengukuhan dilaksanakan di Gedung Serbaguna Sampit. Turut hadir Forum Koordinasi Pimpinan Daerah serta pejabat lainnya di daerah setempat. 

Orang tua atau wali para anggota Paskibraka juga dihadirkan dalam prosesi tersebut. Suasana haru dan bangga terlihat dari raut wajah mereka ketika Bupati Halikinnor mengukuhkan Paskibraka Kotawaringin Timur  2022 itu.

Baca juga: DPRD Kotim dukung percepatan dan penguatan pemulihan ekonomi

Halikinnor mengatakan, ini merupakan kepercayaan dan kesempatan berharga bagi para anggota Paskibraka. Mereka dipilih dari ratusan orang yang mengikuti seleksi calon anggota Paskibraka. 

Selama sekitar satu bulan, calon anggota Paskibraka mengikuti pendidikan dan pelatihan. Selain latihan baris-berbaris, mereka juga dibekali berbagai materi ilmu seperti terkait budi pekerti, bahaya narkoba, wawasan kebangsaan dan lainnya. 

Hal itulah yang membuat Halikinnor yakin anggota Paskibraka memiliki keunggulan sehingga mampu diandalkan. Kelebihan itu nantinya diharapkan akan memudahkan mereka dalam mengejar masa depan yang cemerlang. 

"Fisik dan mental mereka sudah ditempa dengan baik. Dari segi fisik mereka juga bagus dan ideal sehingga berpeluang jika masuk menjadi anggota TNI, Polri maupun IPDN. Kita doakan nanti mereka menjadi orang yang sukses," ujar Halikinnor. 

Sementara itu, upacara peringatan HUT ke-77 Kemerdekaan Republik Indonesia di Kabupaten Kotawaringin Timur akan dilaksanakan di halaman kantor bupati setempat. Hal itu lantaran Stadion 29 November Sampit yang biasanya digunakan menjadi tempat upacara, saat ini sedang dalam perbaikan. 

Baca juga: DPRD Kotim dukung percepatan dan penguatan pemulihan ekonomi

Baca juga: Berikut 22 perusahaan sawit yang sudah setor bantuan perbaikan lingkar selatan

Baca juga: Legislator Kotim ajak masyarakat meriahkan perayaan HUT RI