Ketua DPRD Katingan apresiasi survei akreditasi RSUD Mas Amsyar Kasongan

id Ketua DPRD Katingan apresiasi survei akreditasi RSUD Mas Amsyar Kasongan, kalteng, katingan

Ketua DPRD Katingan apresiasi survei akreditasi RSUD Mas Amsyar Kasongan

Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Katingan Marwan Susanto. ANTARA/Dokumentasi Pribadi

Kasongan (ANTARA) - Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Katingan Kalimantan Tengah Marwan Susanto memberikan apresiasi terhadap upaya peningkatan layanan yang dilaksanakan Unit Pelayanan Teknis (UPT) RSUD Mas Amsyar Kasongan dengan menggelar simulasi survei akreditasi.

"Sesuatu yang baik sudah semestinya didukung apalagi berkaitan dengan kegiatan peningkatan layanan kesehatan oleh RSUD Mas Amsyar Kasongan," kata Marwan di Kasongan, Minggu.

Survei yang segera dilaksanakan tersebut diharapkan mampu menaikkan nilai akreditasi pelayanan RSUD Mas Amsyar Kasongan dari yang semula terakreditasi Madya (tipe C) naik ke tingkat Utama (tipe B) hingga akhirnya mencapai tingkat Paripurna (tipe A).

Perubahan akreditasi ke peringkat yang lebih tinggi membawa konsekuensi jajaran RSUD Mas Amsyar Kasongan harus meningkatkan mutu pelayanan rumah sakit, penanganan keselamatan pasien rumah sakit dan perlindungan bagi pasien atau masyarakat.

Di sisi lain manajemen RSUD Mas Amsyar Kasongan sudah semestinya mengimbangi peningkatan akreditasi dengan meningkatkan kualitas fasilitas dan sumber daya manusia (SDM) rumah sakit seperti dokter, perawat dan tenaga medis. Termasuk meningkatkan atau memodernisasi perlengkapan dan peralatan medis yang ada.

"Untuk mencapai tingkat pelayanan kesehatan yang lebih tinggi memang tidak mudah tetapi jika dilakukan dengan niat yang tulus dan penuh komitmen, saya yakin akan tercapai," ucap politikus PDI Perjuangan itu.

Baca juga: RSUD Mas Amsyar Kasongan didorong tingkatkan pelayanan

Sebelumnya Bupati Katingan Sakariyas diwakili Wakil Bupati Sunardi NT. Litang  memberikan dukungan atas terselenggaranya simulasi survei akreditasi. Kegiatan itu dinilai sebagai salah satu upaya yang mesti dilakukan RSUD Mas Amsyar Kasongan untuk mendapatkan sertifikasi akreditasi.

"Sertifikasi akreditasi rumah sakit merupakan indikator penguatan pelayanan kesehatan yang berkualitas," kata Sunardi saat membuka kegiatan acara pembukaan Simulasi Survei Akreditasi UPT RSUD Mas Amsyar Kasongan.

Dia menjelaskan, rumah sakit pemegang sertifikasi akreditasi dinilai telah memenuhi standar yang telah ditetapkan serta mampu mempertahankan kepatuhan dalam memenuhi standar yang ada dalam bidang pelayanan kesehatan.

Harapannya seluruh jajaran UPT RSUD Mas Amsyar Kasongan segera melakukan perbaikan-perbaikan layanan sesuai dengan masukan yang diberikan oleh tim surveyor dari Darma Husada Paripurna, Herry Tjahjono dan Ambusully pada acara simulasi survey akreditasi tersebut.

"Tentu saja bukan hanya nilai yang kita kejar tetapi bagaimana kegiatan dan prosesnya dapat mendorong UPT RSUD Mas Amsyar Kasongan selalu meningkatkan kualitas pelayanan," demikian Sunardi NT. Litang.

Baca juga: Jaringan internet serat optik di Katingan telah terpasang sepanjang 162 Km

Baca juga: Satlantas Polres Katingan gencar sosialisasikan keselamatan berlalu lintas

Baca juga: Pemkab Katingan segera tertibkan kendaraan angkutan melebihi tonase