Pemkot Palangka Raya gencarkan operasi pasar murah jelang Idul Fitri

id OPerasi Pasar Murah,Palangka Raya,Kalteng,500 paket

Pemkot Palangka Raya gencarkan operasi pasar murah jelang Idul Fitri

Sekretaris DPKUKMP Palangka Raya Hadriansyah menyerahkan paket sembako murah kepada warga Kelurahan Pahandut saat melaksanakan operasi pasar murah, kemarin. ANTARA/HO-Dokumentasi Pribadi

Palangka Raya (ANTARA) - Pemerintah Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah melalui Dinas Perdagangan Koperasi Usaha Kecil Menengah dan Perindustrian (DPKUKMP) setempat gencar melaksanakan operasi pasar murah sejak awal Maret sampai pertengahan April 2023 dan menjelang Lebaran 1444 Hijriah.

Sekretaris DPKUKMP Kota Palangka Raya Hadriansyah di Palangka Raya, Minggu mengatakan manfaat operasi pasar murah tersebut tentunya untuk menjaga stabilitas harga dan daya beli masyarakat. Kegiatan tersebut terus digencarkan untuk membantu masyarakat di daerah setempat.

"Sebagaimana instruksi dan arahan bapak Wali Kota Palangka Raya Fairid Naparin, kami akan terus mendorong terwujudnya ketersediaan maupun harga kebutuhan pokok yang bisa dijangkau. Semoga dengan adanya operasi pasar murah tersebut bisa membantu masyarakat kecil untuk memperoleh bahan pokok dengan mudah dan harga murah dari pasaran," katanya.

Dengan adanya pelaksanaan operasi pasar tersebut, tentunya dapat mendukung percepatan pemulihan ekonomi dan menekan laju inflasi daerah serta adanya stabilitas harga dalam bulan Suci Ramadhan dan menyambut Lebaran.

"Melalui program operasi pasar murah, Pemkot Palangka Raya berharap masyarakat mendapatkan bahan pangan pokok dengan harga murah dan terjangkau dalam menyambut Lebaran. Saat ini sudah 5.000 paket sembako murah yang dibagikan ke masyarakat dari Awal Maret hingga pertengahan April 2023," beber Hadriansyah.

Baca juga: Polresta Palangka Raya: Pelayanan SIM tutup selama libur Lebaran

Dia juga menambahkan, pihaknya pada Jumat (14/4) melaksanakan operasi pasar murah di sejumlah tempat tepatnya di kawasan Kelurahan Pahandut, Kecamatan Pahandut Kota Palangka Raya.

Harga paket sembako yang dijual ke masyarakat dengan isi paket beras 5 kilogram, gula pasir 2 kilogram dan minyak goreng dua liter dengan harga Rp100 ribu per paket. Paket tersebut juga sudah disubsidi sebesar Rp50 ribu, sedangkan harga normal di pasaran satu paketnya Rp150 ribu.

"Untuk antusias masyarakat dalam membeli paket sembako murah ini cukup tinggi dan mereka rela antre demi mendapatkan bahan pangan yang memang menjadi kebutuhan mereka setiap harinya," bebernya.

Ditambahkan Hadiansyah, untuk pembaruan informasi harga pasar jelang Lebaran 2023, harga cabai rawit hijau atau merah turun yang semula di harga Rp45 ribu menjadi Rp43 ribu per kilogramnya. Harga daging sapi tidak mengalami kenaikan masih berada di harga Rp160 per kilogramnya.

"Harga bawang merah saja yang mengalami kenaikan dari Rp34 ribu per kilogramnya menjadi Rp35 ribu per kilogramnya dan kenaikannya masih di angka yang wajar," demikian Hadiansyah yang akrab disapa Adaw itu.

Baca juga: PLN ingatkan pemudik pastikan kondisi listrik hunian aman saat ditinggal

Baca juga: Dishub Palangka Raya imbau pemudik gunakan angkutan resmi

Baca juga: KPU tetapkan DPS Pemilu di Kalteng 1.946.172 pemilih