O2SN SMP Kotim dorong prestasi secara sportif

id O2SN SMP Kotim dorong prestasi secara sportif, kalteng, sampit, kotim, Kotawaringin Timur, pendidikan, disdik kotim, Irfansyah

O2SN SMP Kotim dorong prestasi secara sportif

Pelaksana Tugas Kepala Dinas Pendidikan Kotawaringin Timur Muhammad Irfansyah bersama panitia dan sejumlah peserta usai pembukaan O2SN tingkat SMP, Senin (19/6/2023). ANTARA/HO-Dokumentasi Pribadi

Sampit (ANTARA) - Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) tahun 2023 tingkat Kabupaten Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah resmi digelar dan diharapkan mampu memacu prestasi tertinggi peserta didik. 

"Mari kita dukung anak-anak kita menampilkan kemampuan mereka yang terbaik. Kita dukung mereka merdeka berprestasi secara sportif," kata Pelaksana Tugas Kepala Dinas Pendidikan Kotawaringin Timur, Muhammad Irfansyah di Sampit, Senin. 

Pembukaan O2SN SMP kali ini dilaksanakan di SMPN 3 Sampit. Turut hadir sejumlah kepala sekolah dan undangan lainnya. 

Cabang yang dilombakan yaitu atletik, renang, bulu tangkis, pencak silat dan karate. Pertandingan dilaksanakan di beberapa lokasi sesuai cabang olahraga seperti di kawasan Stadion 29 November, gedung bola voli dan lainnya. 

Peserta antusias dan percaya diri karena umumnya sudah mempersiapkan atlet-atlet mereka secara matang. Pertandingan diperkirakan seru karena semua kontingen berusaha menjadi juara. 

Irfansyah berpesan agar sportivitas selalu dijunjung tinggi. Pertandingan dalam O2SN ini jangan sampai menimbulkan permusuhan dan konflik karena menang dan kalah merupakan hal biasa dalam pertandingan. 

Para juara masing-masing cabang olahraga akan mewakili Kotawaringin Timur pada O2SN tingkat Provinsi Kalimantan Tengah. Untuk itu pertandingan harus dilaksanakan secara sportif agar menghasilkan juara yang memang benar-benar berkualitas. 

"Kami mengucapkan selamat bertanding dan selamat menunjukkan kemampuan terbaiknya. Semoga kegiatan berjalan lancar," harap Irfansyah. 

Sementara itu, seleksi O2SN tingkat provinsi dijadwalkan akan dilaksanakan pada 1 Juli-18 Agustus 2023, sedangkan seleksi O2SN tingkat nasional akan dilaksanakan pada 18-24 September 2023.