Bupati Kotim ajak masyarakat semarakkan Porprov sambut 10.000 tamu

id Bupati Kotim ajak masyarakat semarakkan Porprov sambut 10.000 tamu, kalteng, Sampit, kotim, Kotawaringin Timur, porprov, bupati kotim, Halikinnor, ahy

Bupati Kotim ajak masyarakat semarakkan Porprov sambut 10.000 tamu

Bupati Halikinnor saat meninjau lantai satu Mal Pelayanan Publik Habaring Hurung yang akan dijadikan lokasi tambahan untuk tempat pendaftaran atlet Porprov XII Kalteng, Selasa (4/7/2023). ANTARA/HO-Diskominfo Kotim

Diperkirakan ada sekitar 10.000 atlet yang berlaga di Porprov. Satu daerah ada yang mengirim sampai 800 orang
Sampit (ANTARA) - Bupati Kotawaringin Timur, Halikinnor mengajak masyarakat dan dunia usaha ikut menyukseskan dan menyemarakkan Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) XII Kalimantan Tengah di Sampit pada 26 Juli sampai 5 Agustus 2023, salah satunya dengan mempercantik kota untuk menyambut para tamu yaitu kontingen dari seluruh kabupaten dan kota di provinsi ini. 

"Diperkirakan ada sekitar 10.000 atlet yang berlaga di Porprov. Satu daerah ada yang mengirim sampai 800 orang. Belum lagi pelatih, pendamping dan keluarga yang ikut. Ada 12 kabupaten dan satu kota yang memastikan akan mengirim kontingen mereka," kata Halikinnor di Sampit, Selasa. 

Halikinnor memerintahkan seluruh satuan organisasi perangkat daerah untuk bahu-membahu menyukseskan Porprov. Semua bergerak sesuai bidang masing-masing agar pelaksanaan Porprov lancar, sukses dan meriah. 

Mulai 20 Juli nanti, seluruh kantor pemerintah memasang spanduk, baliho, umbul-umbul dan lampu untuk menyemarakkan suasana. Tujuannya agar kemeriahan semakin terasa sehingga para kontingen yang datang juga merasa senang. 

Masyarakat juga diimbau ikut berpartisipasi dengan memasang umbul-umbul dan lampu di lingkungan masing-masing. Dengan begitu, Sampit semakin semarak. 

Baca juga: Bupati Kotim pantau pendaftaran peserta Porprov Kalteng

Pelaku usaha seperti perhotelan, rumah makan, mal, tempat hiburan, pusat perbelanjaan, tempat rekreasi dan lainnya, diimbau turut mendukung dengan menghias tempat usaha mereka, serta bisa pula dengan membuat program khusus seperti menu atau acara selama Porprov. 

Halikinnor berharap Porprov bukan sekadar kegiatan olahraga, tetapi juga bisa ditangkap sebagai peluang ekonomi bagi masyarakat. Dari belasan ribu orang yang datang nantinya diharapkan perputaran uang di Kotawaringin Timur meningkat tajam seperti di bidang perhotelan atau penginapan, kuliner, hiburan, transportasi, UMKM, hiburan, oleh-oleh dan lainnya. 

Baca juga: Bupati Kotim: Pembukaan Porprov Kalteng 26 Juli

Baca juga: Porprov Kalteng di Sampit pertandingkan 28 cabang olahraga

Porprov diharapkan juga membawa dampak ekonomi bagi masyarakat dan dunia usaha. Untuk itu Halikinnor mengajak semua pihak untuk berpartisipasi menyukseskan acara ini. 

Selasa siang Halikinnor didampingi Sekretaris Daerah Halikinnor dan Ketua KONI Kotawaringin Timur Ahyar Umar meninjau lantai satu tempat di Mal Pelayanan Publik Habaring Hurung. Tempat itu rencananya akan digunakan untuk proses pendaftaran manual kontingen atlet agar lebih representatif dan nyaman karena gedung dan halaman parkirnya lebih luas dan representatif dibanding di Sekretariat KONI. 

"Mohon dukungan semua pihak dan seluruh masyarakat. Kita sebagai tuan rumah berharap bisa sukses dalam penyelenggaraan dan sukses menjadi juara umum Porprov Kalteng tahun ini," demikian Halikinnor. 

Baca juga: Targetkan juara umum Porprov, Pemkab Kotim siapkan bonus

Baca juga: Pelajar Jadi atlet di Porprov, Bupati Kotim minta sekolah beri dispensasi


Baca juga: Panahan diproyeksikan jadi lumbung medali Kotim di Porprov Kalteng

Baca juga: PASI Kotim optimalkan persiapan hadapi Porprov Kalteng