Bank Kalteng gelar 'Talkshow Selalu Berkah' bantu UMKM lengkapi perizinan dan naik kelas

id Bank kalteng, talkshow selalu berkah, sentra layanan pelaku umkm bank kalteng, Pemimpin Departemen Pendukung Bisnis PT Bank Kateng, Himawan Tri Irwant

Bank Kalteng gelar 'Talkshow Selalu Berkah' bantu UMKM lengkapi perizinan dan naik kelas

Talkshow Selalu Berkah, Sentra Layanan Pelaku UMKM Bank Kalteng di Palangka Raya, Senin malam (11/9/2023). (ANTARA/Muhammad Arif Hidayat)

Palangka Raya (ANTARA) - Bank Kalteng menggelar Talkshow Selalu Berkah, Sentra Layanan Pelaku UMKM Bank Kalteng sebagai salah satu upaya untuk mendukung pelaku usaha di daerah setempat agar semakin berkembang yakni naik kelas.

"Dalam kegiatan ini kami melibatkan sebanyak 50 pelaku UMKM untuk mendengarkan sejumlah materi penting dari narasumber kompeten guna menunjang pengembangan usaha mereka," kata Pemimpin Departemen Pendukung Bisnis PT Bank Kateng, Himawan Tri Irwanto di Palangka Raya, Senin malam.

Dalam talkshow ini Bank Kalteng langsung menghadirkan tiga pemateri sekaligus, mulai dari Kepala Dinas Koperasi dan UKM Kalteng Norhani yang membahas tentang pentingnya perizinan bagi UMKM maupun dukungan program pemerintah provinsi kepada pelaku usaha.

Baca juga: Bank Kalteng berpartisipasi semarakkan Jambore UMKM 2023

Kemudian Kepala Bidang PTSP II Palangka Raya Rossalinda mensosialisasikan pengurusan perizinan UMKM di kota setempat, serta salah seorang pengusaha sukses yakni pemilik Alishamarsya, Irna Agustine untuk berbagi pengalaman dalam membangun serta mengembangkan usaha untuk menuju UMKM naik kelas.

Himawan menjelaskan, pihaknya berupaya mendukung Pemerintah Provinsi maupun Pemerintah Kabupaten dan Kota di Kalimantan Tengah, agar para pelaku UMKM dapat melengkapi perizinan usaha yang diperlukan untuk dapat semakin berkembang.

"Upaya ini kami implementasikan dengan membantu membuka wawasan serta meningkatkan pengetahuan para pelaku UMKM tentang perizinan, salah satunya melalui talkshow ini," terangnya.

Baca juga: Bank Kalteng raih penghargaan bergengsi pada BIFA dan Infobank Award 2023

Selama ini, menurutnya, sebagian pelaku UMKM tampaknya masih belum memahami seutuhnya mekanisme dan persyaratan dalam melengkapi berbagai perizinan dalam usaha yang dijalankan.

"Karena kurangnya informasi, mungkin sebagian pelaku UMKM masih ada yang berpikir mengurus perizinan itu sulit. Padahal jika mengetahui mekanisme dan persyaratannya, maka mereka tidak akan kesulitan. Untuk itulah kami di sini berupaya membantu mereka termasuk menghubungkan dengan pemangku kepentingan terkait," jelasnya.

Baca juga: Bank Kalteng berpartisipasi sukseskan Harvesting Gernas BBI-BBWI

Selain itu, Bank Kalteng juga menyediakan produk dukungan modal yang dapat diakses para pelaku UMKM untuk mengembangkan usahanya agar lebih optimal dengan bunga relatif ringan.

"Para pelaku UMKM dapat mengajukan pinjaman usaha ke Bank Kalteng. Selain itu kami juga siap melakukan pendampingan dan dukungan dalam melengkapi perizinan usaha," tuturnya.

Diharapkan berbagai kegiatan dan program yang Bank Kalteng laksanakan dapat membantu pelaku UMKM semakin berkembang dan naik kelas, serta tentunya terhindar dari praktik-praktik rentenir terkait permodalan.

Baca juga: Bank Kalteng fasilitasi 11 UMKM di Kalteng Expo 2023

Baca juga: Bank Kalteng raih predikat Excellent dan Golden Award pada ajang TOP BUMD 2023