Legialtor Palangka Raya minta tingkatkan kemampuan pustakawan

id Vina Panduwinata,DPRD Palangka Raya

Legialtor Palangka Raya minta tingkatkan kemampuan pustakawan

Legislator Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah Vina Panduwinata. ANTARA/Adi Wibowo

Palangka Raya (ANTARA) - Anggota Komisi A DPRD Palangka Raya, Vina Panduwinata meminta pemerintah kota setempat untuk meningkatkan kemampuan pustakawan.

"Perlu tingkatkan kemampuan mereka agar literasi minat baca meningkat," ujarnya, Minggu.
 
Dia menuturkan, peran pustakawan sangat penting membantu meningkatkan minat baca. Tugas pustakawan, kata dia, juga tidak mudah karena jadi salah satu pekerjaan yang melayani masyarakat.

Menurutnya, pustakawan juga bisa memberikan saran pada masyarakat, misalnya mengenai apa yang ingin dicari atau informasi sesuai yang diharapkan.

Pustakawan merupakan salah satu sumber daya yang menggerakkan sumber daya lain dalam organisasi perpustakaan yang memungkinkan perpustakaan dapat berperan secara optimal didalam melaksanakan tugas pokok dan fungsinya, sehingga pustakawan menjadi ujung tombak keberhasilan dalam penyebarluasan informasi di perpustakaan. 

Dalam UU No 43 tahun 2007, juga yang dikatakan bahwa pustakawan adalah seseorang yang memiliki kompetensi yang diperoleh melalui pendidikan dan / atau pelatihan kepustakawanan serta mempunyai tugas dan tanggung jawab untuk melaksanakan pengelolaan dan pelayanan perpustakaan.