Disdik Palangka Raya berikan apresiasi pelajar juara lomba O2SN

id Jayani ,Kadisdik Palangka Raya,Kalteng ,Palangka Raya ,O2SN

Disdik Palangka Raya berikan apresiasi pelajar juara lomba O2SN

Kepala Dinas Pendidikan Kota Palangka Raya Jayani memberikan apresiasi kepada seluruh peserta didik yang menjadi juara pada kegiatan OSN, O2SN, FLS2N serta GSI tingkat SD dan SMP di kota setempat, Selasa (14/11/2023). ANTARA/HO-Disdik Palangka Raya

Palangka Raya (ANTARA) - Dinas Pendidikan Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah memberikan apresiasi kepada pelajar yang menjadi juara pada lomba Olimpiade Sains Nasional (OSN), Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN), Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) serta Gala Sepakbola Indonesia (GSI) tingkat tingkat  kota setempat 2023.

Kepala Dinas Pendidikan Kota Palangka Raya, Jayani, di Palangka Raya, Selasa, mengatakan Disdik setempat selalu aktif dalam menyelenggarakan berbagai lomba yang  merupakan kegiatan tahunan yang diselenggarakan oleh Kemendikbud Ristek yang dilaksanakan secara berjenjang mulai dari tingkat kota/kabupaten, provinsi dan Nasional.

"Menandai semangat Merdeka Belajar, Merdeka Berprestasi, untuk pulih sepenuhnya dari keterpurukan karena pandemi, kegiatan perlombaan antar peserta didik merupakan momentum yang tepat dan sangat berharga bagi anak-anak untuk dapat berprestasi dan berkompetisi secara sehat," kata Jayani.

Ia menuturkan, dari berbagai kegiatan tersebut juga dapat memberikan pengalaman belajar yang baik, yaitu belajar bekerja sama, mematuhi aturan, mengakui kelemahan diri sendiri dan belajar menghargai kekuatan lawan serta mengilhami nilai-nilai fair play (jujur, bersahabat, hormat, dan bertanggung jawab) yang ada pada setiap pertandingan.

Kegiatan lomba yang diselenggarakan diharapkan dapat memfasilitasi serta memotivasi peserta didik yang mempunyai bakat dan minat di berbagai bidang dalam rangka meningkatkan mutu pendidikan, khususnya di Kota Palangka Raya.

"Kegiatan ini merupakan salah satu cara bagaimana pemerintah hadir untuk mengasah dan menyalurkan bakat dan minat anak di bidang sains, olahraga dan seni. Karena pendidikan tidak hanya melulu pendidikan akademik tetapi non akademik juga butuh diasah," ucapnya.

Baca juga: Pemkot Palangka Raya bentuk duta cegah penyebaran stunting

Ditambahkan Jayani, pihaknya juga berharap ajang lomba-lomba tersebut menjadi momentum yang tepat dan sangat berharga bagi anak-anak untuk dapat berprestasi dan berkompetisi secara sehat.

Cabang olahraga yang dilombakan/dipertandingkan adalah OSN, O2SN, FLS2N dan GSI. Cabang lomba OSN adalah bidang IPA dan Matematika untuk jenjang SD/MI serta IPA, Matematika dan IPS untuk jenjang SMP.

O2SN meliputi atletik, karate, pencak silat, renang, bulu tangkis dan senam. Untuk FLS2N adalah gambar bercerita, menyanyi tunggal, menari, pantomim dan kriya anyam.

OSN diselenggarakan pada 8-9 Mei 2023 untuk jenjang SD/MI dengan jumlah peserta 216 peserta didik dan pada 16-17 Mei 2023 untuk jenjang SMP/MTs dengan jumlah peserta 241 peserta didik.

O2SN jenjang SD diselenggarakan pada 30 Mei sampai 1 Juni 2023 dengan jumlah peserta 133 peserta didik, jenjang SMP pada 2-4 Juni 2023 dengan jumlah peserta 74 peserta didik. Untuk FLS2N diselenggarakan pada tanggal 29 Mei sampai 3 Juni 2023 dengan jumlah peserta untuk jenjang SD/MI 81, SMP/MTs 78 peserta didik. Untuk GSI jumlah pesertanya 3 tim.

"Harapan kami, pemberian apresiasi pemenang lomba ini akan menjadi motivasi bagi peserta didik untuk terus meningkatkan prestasinya dan menjadi pemicu bagi peserta didik lain untuk ikut serta di event tahun depan," demikian Jayani.

Baca juga: Pemkot Palangka Raya terima penghargaan Indeks Persepsi Masyarakat dari Kemenkes

Baca juga: Pj Wali Kota: Jambore UMKM pacu pelaku usaha naik kelas

Baca juga: Kota Palangka Raya juara umum Parade Tari Nusantara 2023