Pemkot Palangka Raya-Kemenag berkolaborasi wujudkan moderasi beragama

id palangka raya,kemenag,kerukunan,beragama,moderasi

Pemkot Palangka Raya-Kemenag berkolaborasi wujudkan moderasi beragama

Pj Wali Kota Palangka Raya, Hera Nugrahayu di Palangka Raya. (ANTARA/HO-Prokom Pky)

Palangka Raya (ANTARA) - Pemerintah Kota (Pemkot) Palangka Raya, Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng), meningkatkan kolaborasi guna menjaga dan mewujudkan moderasi beragama yang utuh dan menyejukkan, terutama dalam masa Pemilu 2024.

"Pemkot bersama Kementerian Agama akan terus memberikan layanan yang sebaik-baiknya kepada seluruh umat beragama, guna terwujudnya moderasi beragama yang sangat menyejukkan secara utuh," kata Penjabat (Pj) Wali Kota Palangka Raya Hera Nugrahayu di Palangka Raya, Rabu.

Menurutnya Pemkot Palangka Raya dan Kantor Kementerian Agama (Kemenag) setempat sama-sama memiliki tugas membangun karakter bangsa, antara lain dengan menyediakan layanan pendidikan guna menyampaikan pesan agama moderat guna mewujudkan kerukunan umat beragama.

"Untuk itu pada awal tahun ini saya juga minta OPD (Organisasi Perangkat Daerah) terkait, seperti bagian kesra untuk selalu menjalin komunikasi dan harmonisasi program kerja dengan Kemenag agar layanan masyarakat terkait keagamaan dan lainnya semakin maksimal," kata Hera saat dikonfirmasi terkait peringatan Hari Amal Bhakti (HAB) yang ke-78 di Palangka Raya.

Pada usia ke-78, menurutnya, Kemenag terus tumbuh dan berkembang menjadi salah satu instansi pemerintah yang mempunyai peran penting dan strategis dalam meningkatkan pemahaman dan pengamalan ajaran agama serta mewujudkan tatanan kehidupan beragama yang toleran dan ramah bagi semua.

Baca juga: Danrem 102/Pjg: Prajurit harus selalu bawa buku saku netralitas TNI

Kemenag hadir sebagai payung teduh bagi semua umat beragama, memberikan pelayanan prima bagi masyarakat yang membutuhkan,  dan menjaga Pancasila, konstitusi, dan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). 

“Saya memberikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada Kemenag Kota Palangka Raya dengan semua capaian prestasinya, juga kerja sama baiknya selama ini dengan Pemkot Palangka Raya,” ucap Hera.

Hera menambahkan kolaborasi dan sinergi yang sudah terjalin bersama itu akan terus dipertahankan dan ditingkatkan demi terwujudnya Indonesia maju dan demi kemajuan masyarakat, khususnya Kota Palangka Raya.

"Saya berharap Kemenag Kota Palangka Raya mampu terus memberikan pelayanan yang lebih baik kepada umat serta meningkatkan sarana dan prasarana yang menunjang pelayanan kepada masyarakat,” tambahnya.

Hera pun mengajak kepada seluruh ASN Kemenag Kota Palangka Raya juga seluruh masyarakat untuk bersama menciptakan suasana kondusif menjelang Pemilu 2024. 

Baca juga: Personel Bintara Remaja di Polresta Palangka Raya jalani tes urine

Baca juga: Polresta Palangka Raya tertibkan pengguna knalpot bising

Baca juga: Satpol PP Palangka Raya bangun pos pengawasan di kawasan pendidikan