UMPR tingkatkan kualitas SDM Kalteng melalui kuliah berbiaya murah

id umpr,kalteng,palangka raya,kuliah,murah

UMPR tingkatkan kualitas SDM Kalteng melalui kuliah berbiaya murah

Mahasiswa UMPR (ANTARA/Rendhik Andika)

Palangka Raya (ANTARA) - Universitas Muhammadiyah Palangka Raya (UMPR) siap berperan aktif dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) melalui perkuliahan berbiaya murah sehingga tidak memberatkan masyarakat di Kalteng mengakses pendidikan tinggi.

"Ada Fakultas Bisnis dan Informatika (FBI). Kebijakan ini sangat dibutuhkan masyarakat menegah ke bawah. Biaya ini sangat murah sekali. Hanya dengan Rp15.650.000 untuk delapan semester," kata Rektor UMPR Dr Muhammad Yusuf di Palangka Raya, kemarin.

Pada proses pembayarannya, kata dia, biaya perkuliahan senilai Rp15 juta lebih itu juga dapat diangsur atau diselesaikan para mahasiswa secara bertahap, seperti dengan skema pembayaran per bulan.

Artinya, lanjut dia, setiap mahasiswa juga dapat mengangsur biaya perkuliahan dengan besaran Rp325 ribu per bulan atau Rp1.950.000 per semester.

"Dengan kondisi saat ini, tentu biaya yang dikeluarkan tidak akan memberatkan mahasiswa atau pun orang tua. Mahasiswa bisa mudah dan murah untuk melanjutkan jenjang pendidikan di perguruan tinggi. Tanpa ada pungutan apapun di lain hari," kata Yusuf.

Wakil Rektor II UMPR Rida Respati menambahkan selain Fakultas Bisnis dan Informatika juga ada program studi lain yang menerapkan biaya perkuliahan atau skema pembayaran serupa.

Ada Program Studi (Prodi) Bisnis Digital, Prodi Sistem Informasi, Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiah, Prodi Teknik Lingkungan, Prodi Pendidikan Biologi, dan Prodi Pendidikan Bahasa Inggris.

Program ini salah satu terobosan Universitas Muhammadiyah Palangka Raya untuk semakin hadir dalam upaya mencerdaskan dan meningkatkan kualitas masyarakat di Kalteng melalui jenjang pendidikan tinggi sehingga akses menuju pendidikan tinggi tak hanya terbatas pada masyarakat kalangan menengah ke bawah tetapi dapat dinikmati seluruh kalangan.

Dalam rangka mempermudah akses masyarakat di Kalimantan Tengah ke perguruan tinggi, pihak Universitas Muhammadiyah Palangka Raya juga terus meningkatkan kerja sama dengan berbagai pemerintah daerah di provinsi setempat.

Rektor UMPR Muhammad Yusuf menyampaikan surat kepada bupati dan wali kota terkait dengan skema pembiayaan perkuliahan bagi masyarakat yang kurang mampu atau yang mendapat beasiswa dari pemda.