Pemkab Katingan prioritaskan perbaikan lantai Jembatan Sei Katingan

id Pemkab Katingan prioritaskan perbaikan lantai Jembatan Sei Katingan, kalteng, Katingan, kasongan, infrastruktur

Pemkab Katingan prioritaskan perbaikan lantai Jembatan Sei Katingan

Tangkapan layar jembatan Sei Katingan, Kabupaten Katingan. ANTARA/HO-Google Map

Kasongan (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Katingan, Kalimantan Tengah (Kalteng) memprioritaskan pemeliharaan berupa perbaikan lantai Jembatan Sei Katingan pada tahun anggaran 2024 ini.

"Preservasi atau pemeliharaan penggantian lantai jembatan dijadwalkan dimulai tanggal 26 Mei sampai dengan tanggal 27 Juni 2024," kata Kepala Dinas Perhubungan dan Perikanan (Dishubkan) Kabupaten Katingan Roby, saat dikonfirmasi di Kasongan Rabu.

Perbaikan itu didasarkan surat tertanggal 15 April 2024 dengan nomor : PW 0103-Bb29.5.4/2024/487 dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Direktorat Jenderal Bina Marga Balai Pelaksanaan Jalan Nasional Kalteng kepada Bupati Katingan terkait penggantian lantai jembatan Sei Katingan Ruas Palantaran-Kasongan.

"Surat tersebut ditujukan kepada Bupati Katingan dan tembusan disampaikan ke Dishubkan Katingan," katanya.

Untuk itu, pihaknya akan segera berkoordinasi dengan pihak pelaksana dan pihak terkait lain untuk menentukan langkah-langkah pengamanan kegiatan dan juga tetap mengoptimalkan kelancaran arus lalu lintas orang dan barang.

Dia mengatakan, sehubungan dengan perbaikan lantai jembatan itu, maka masyarakat pengguna jembatan untuk mengikuti petunjuk pengaturan lalu lintas selama kegiatan pemeliharaan dilaksanakan.

Baca juga: Anggota DPRD Katingan Aldy tutup usia

"Karena pihak pelaksana akan membuat pemberitahuan melalui media massa dan bentuk-bentuk info lainnya untuk diketahui masyarakat nantinya," jelas Roby.

Dia menerangkan, diantara isi surat tersebut seperti penggantian lantai jembatan Sei Katingan dilakukan pada segmen 2 pada Bentang kedua dan menindaklanjuti surat PPK 1.4 Provinsi Kalimantan Tengah nomor HM 0501-Bb29.5.4/2024/200.

Pada surat itu juga dijelaskan, penggantian lantai jembatan Sei Katingan panjang 5 meter dengan lebar 7,60 meter.

Dampak dari pekerjaan tersebut akan terganggunya arus lalu lintas pada ruas jalan Palangka Raya-Sampit demikian juga sebaliknya selama masa pelaksanaan pekerjaan Ini.

Adapun rencana manajemen lalu lintas saat pelaksanaan pekerjaan antara lain yaitu pengaturan lalu lintas pada saat pembongkaran lantai jembatan, pemasangan besi dan pemasangan bekisting, dikarenakan adanya penutupan satu lajur jembatan.

Untuk rencana penutupan jembatan total selama kurang lebih 6 jam antara pukul 23.00 WIB hingga pukul 05.00 WIB, yang akan dilaksanakan pada tanggal 13 Juni 2024 dan tanggal 24 Juni 2024 selama dua hari.

Hal ini diperlukan untuk menghindari getaran pada lantai jembatan pada saat pengecoran maupun proses umur beton serta mengurangi panas hidrasi campuran beton rapid setting. Kemudian, selama proses konstruksi akan dipasang rambu-rambu lalu lintas, fragman dan banner.

Baca juga: Bupati Katingan ingatkan JCH patuhi petugas

Baca juga: Pj Bupati Katingan tekankan ASN harus terus tingkatkan kapasitas

Baca juga: Penjabat Bupati Katingan lepas kontingen berlaga di FBIM Kalteng