Sekda Bartim tekankan keseriusan menyelesaikan program dan netralitas ASN di Pilkada 2024

id Sekretaris Daerah Barito Timur, Sekda Barito Timur, Kabupaten Barito Timur, Kalimantan Tengah, Panahan Moetar, Barito Timur, Bartim, Kalteng

Sekda Bartim tekankan keseriusan menyelesaikan program dan netralitas ASN di Pilkada 2024

Sekda Bartim, Panahan Moetar. ANTARA/Dok Diskominfo Bartim

Tamiang Layang (ANTARA) - Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Barito Timur, Kalimantan Tengah, Panahan Moetar menyampaikan pesan penting terkait kinerja pemerintah daerah dan arahan dari Pj Bupati yang berhalangan hadir karena tugas di luar daerah, kepada jajaran aparatur sipil negara (ASN) di wilayah setempat.

"Saat ini pemkab telah memasuki triwulan keempat tahun anggaran 2024, sehingga seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) harus segera menyelesaikan program-program yang menjadi tanggung jawab," kata Panahan Moetar di Tamiang Layang, Kamis (17/10).

Menurut dia, karena telah memasuki triwulan keempat, seluruh jajaran OPD perlu lebih fokus untuk memastikan seluruh kegiatan yang direncanakan dapat berjalan dan terlaksana dengan baik. Pejabat di lingkungan OPD pun, harus lebih teliti dalam penyusunan laporan dan mengawasi dokumen yang disusun bawahannya.

Panahan mengatakan semua pihak di lingkungan Pemkab Bartim harus tetap berkomitmen menjalankan tugas dengan baik, serta berdoa agar kabupaten ini terus maju. Dan, tentunya keberhasilan Pemerintah Kabupaten Barito Timur yang kembali meraih predikat 'baik' dalam penilaian kinerja daerah, patut untuk diapresiasi.

"Predikat 'baik' merupakan kerja keras seluruh pihak yang terlibat meski menghadapi tantangan besar. Atas kerja keras ini, saya sangat mengapresiasi," ujarnya.

Sekda Bartim ini pun mengajak semua pihak berkomitmen untuk menjalankan tugas dengan baik sebagai ASN, serta mendukung dan mensukseskan Pilkada 2024 dengan penuh tanggung jawab. Tambahnya, yang selalu diingat dan sangat penting yakni netralitas ASN menjelang Pilkada bulan depan.

Baca juga: Asisten II Setda: Wajib pajak harus pahami PPh Pasal 21 dengan TER

"ASN boleh mendengarkan paparan visi dan misi calon, tetapi tidak boleh aktif dalam kampanye. Hak suara kita rahasia, hanya disampaikan di bilik suara," tegasnya.

Apel tersebut diikuti  seluruh OPD dan staf pemerintahan Kabupaten Barito Timur, yang rutin diadakan untuk menjaga disiplin dan meningkatkan kinerja pegawai.

Pemkab Bartim melaksanakan Apel Hari Kesadaran Nasional yang berlangsung pada Kamis (17/10/2024) di halaman Kantor Bupati setempat, dan dipimpin Sekda Barito Timur Panahan Moetar mewakili Pj Bupati Indra Gunawan yang melaksanakan tugas luar daerah. Pada apel tersebut, seluruh jajaran ASN, mulai asisten dan kepala dinas hingga para pegawai mengikuti apel kesadaran nasional.

Baca juga: Pemkab Bartim lestarikan bahasa dan sastra daerah

Baca juga: RSUD Tamiang Layang jelaskan kriteria layanan Obgyn ditanggung JKN

Baca juga: Pemkab Bartim kembangkan Pelabuhan Telang Baru tingkatkan investasi dan PAD