KPU Kalteng usung tema Inovasi Pelayanan Publik pada debat kedua

id Komisi Pemilihan Umum Kalimantan Tengah, KPU Kalimantan Tengah, KPU Kalteng, KPU, Kalteng, pilkada kalteng, pilkada

KPU Kalteng usung tema Inovasi Pelayanan Publik pada debat kedua

KPU mengumumkan usulan pertanyaan dari masyarakat pada debat kedua di Pilkada Kalteng 2024. ANTARA/HO-KPU Provinsi Kalteng.

Rendhik Andika (ANTARA) - Komisi Pemilihan Umum Provinsi Kalimantan Tengah (KPU Kalteng) mengusung tema Inovasi Pelayanan Publik dalam menyelesaikan persoalan daerah pada pelaksanaan debat kedua pada Pilkada Serentak 2024 yang dilaksanakan pada Rabu 6 November 2024.

Sekarang ini sedang dilakukan persiapan untuk pelaksanaan debat kedua, kata Anggota KPU Kalteng Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat, dan Sumber Daya Manusia (SDM) Harmain Ibrohim, di Palangka Raya, Kamis.

"Nantinya debat ini akan disiarkan langsung melalui kanal Metro TV dan Youtube KPU Provinsi Kalimantan Tengah," tambahnya.

Dikatakan, saat ini KPU Kalteng juga tengah menyerap usulan dari masyarakat terkait pertanyaan yang akan disampaikan kepada peserta pada debat Pemilihan Kepala Daerah Serentak 2024.

"Sekarang ini sedang dilakukan penjaringan terkait pengajuan usulan pertanyaan untuk debat pertama pada Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur. Tentu pertanyaan yang diusulan harus sesuai dengan tema," katanya.

Harmain menyebut usulan pertanyaan dari masyarakat harus relevan dengan tema debat serta disampaikan dalam bentuk narasi. Di mana disampaikan paling lambat sampai 3 November 2024 melalui email tekmas.62@gmail.com dan melalui aplikasi WhatsApp di nomor 0811528606 atas nama Toni Sadoso Saputra.

Baca juga: KPU Kalteng minta paslon pilkada sajikan debat tanpa menyerang pribadi

Setiap masyarakat yang ingin berpartisipasi diminta melampirkan identitas diri berupa KTP elektronik atau tanda pengenal resmi lainnya. Harmain juga memastikan bahwa identitas pengirim pertanyaan akan dirahasiakan.

"Setiap pertanyaan yang masuk akan melalui proses seleksi dan digunakan sebagai bahan tambahan dalam penyusunan materi debat oleh tim penyusun," katanya.

KPU Kalteng turut mengajak partisipasi aktif masyarakat dengan memberikan kesempatan untuk mengajukan pertanyaan yang relevan dengan tema debat. Usulan pertanyaan ini nantinya akan menjadi bahan pertimbangan bagi tim perumus debat.

Sementara itu, Pilkada di Provinsi Kalteng 2024 diikuti oleh empat pasangan calon gubernur dan wakil gubernur. Adapun paslon nomor urut 1 adalah Willy M Yoseph-Habib Ismail, nomor urut 2 Nadalsyah-Supian Hadi, nomor urut 3 Agustiar Sabran-Edy Pratowo, dan nomor urut 4 Abdul Razak-Sri Suwanto.

Baca juga: Willy-Habib siap perkuat SDM wujudkan ekonomi berkelanjutan

Baca juga: Berikut program prioritas Koyem-SHD

Baca juga: Agustiar Sabran-Edy Pratowo jelaskan Kartu Huma Betang Sejahtera


Baca juga: Razak-Sri Suwanto fokus buka lapangan kerja, tingkatkan pertumbuhan UMKM