Kesbangpol Kobar ajak pemuda kuatkan semangat membangun

id KesbangpolKobar ajak pemuda kuatkan semangat membangun, kalteng, kobar, Kotawaringin Barat, politik

Kesbangpol Kobar ajak pemuda kuatkan semangat membangun

Kesbangpol Kobar saat rapat persiapan keberangkatan untuk kegiatan HSP tingkat provinsi, Selasa (22/10/2204). ANTARA/Kesbangpol Kobar

Pangkalan Bun (ANTARA) - Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kotawaringin Barat (Kobar), Kalimantan Tengah meminta anak-anak muda untuk selalu menggaungkan semangat sumpah pemuda dan Ikrar Anak Bangsa, khususnya jiwa-jiwa kebangsaan.

"Hal itu dimaksudkan agar semangat dari pemuda-pemuda di Kabupaten Kotawaringin Barat tidak pudar digerus oleh perkembangan zaman yang semakin modern," kata Kepala Kesbangpol Kobar Edie Faganti di Pangkalan Bun, Rabu.

Edie mengatakan, generasi muda juga harus mempunyai tanggung jawab dan etika moral untuk menjaga kedaulatan, keutuhan bangsa dan negara. Tidak ada alasan bagi anak muda untuk memandang kegiatan tersebut ini dengan sebelah mata.

“Di era sekarang para pemuda di kobar juga harus mempunyai sikap yang dilandasi dengan nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila," ucapnya.

Lanjutnya, nilai nilai tersebut seperti memiliki sikap integritas yang tinggi, punya daya saing, serta tetap mengedepankan budaya kegotongroyongan agar menjadi bintang-bintang Pancasila di Bumi Marunting Batu Aji.

Baca juga: Pemkab Kobar peringatkan pengusaha walet penunggak pajak

Hal tersebut disampaikan Edie Faganti bersamaan dengan persiapan kobar dalam rangka mengikuti kegiatan Hari Sumpah Pemuda (HSP) ke-96 dan Ikrar Bersama Anak Bangsa (IKBAB) Tingkat Provinsi Kalimantan Tengah Tahun 2024 di Kota Palangka Raya pada tanggal 26-28 Oktober 2024.

Menurutnya, melalui momentum peringatan HSP ke-96 dan IKBAB Tingkat Provinsi Kalteng ini, saat yang tepat untuk membuktikan. 

Sementara itu, Pelaksana Tugas Kepala Bidang Bina Ideologi, Wawasan Kebangsaan dan Karakter Bangsa, Trias Agung Wibowo menyampaikan, dalam mengikuti kegiatan Hari Sumpah Pemuda tingkat Provinsi tersebut pihaknya telah menyiapkan sejumlah persiapan penting.

"Dari kobar kurang lebih ada 75 orang yang terdiri dari 60 orang peserta dan 15 orang Pendamping dari Bakesbangpol serta Dispora Kobar, dan kegiatan tersebut nantinya diikuti oleh ribuan peserta dari seluruh wilayah Kalteng," disampaikannya.

Dia menambahkan, dirinya berharap melalui kegiatan tersebut para peserta dapat memanfaatkan untuk saling silaturahmi antar pemuda se Kalimantan Tengah dan menjadi semangat persatuan dan cinta tanah air.

Baca juga: Penjabat Bupati Kobar sebut santri turut berperan dalam pembangunan daerah

Baca juga: Dinas PUPR Kobar optimalkan upaya antisipasi banjir

Baca juga: Polres Kobar lakukan pengamanan logistik Pilkada 2024