Pemkab Kobar sediakan kendaraan sedot tinja secara gratis

id Pemkab Kobar sediakan sedot tinja gratis, Kotawaringin Barat, Kalimantan Tengah, Kobar, Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang, PUPR Kobar, Kalteng

Pemkab Kobar sediakan kendaraan sedot tinja secara gratis

Kendaraan operasional layanan sedot tinja gratis yang di sediakan oleh PUPR Kobar di Pangkalan Bun, Minggu (27/10/2024). ANTARA/Ho-istimewa.

Pangkalan Bun (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Barat, Kalimantan Tengah, melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR), telah menyediakan layanan sedot tinja gratis kepada masyarakat setempat.

Tahun ini telah disediakan kendaraan operasional khusus untuk sedot tinja demi mendukung program Instalasi Pengelolaan Limbah Tinja (IPLT), kata Kadis PUPR Kobar Hasyim Mualim di Pangkalan Bun, Senin.

"Itu kami lakukan sesuai dengan arahan dari Pj Bupati Kotawaringin Barat, sebagai komitmen Pemkab kobar dalam meningkatkan pelayanan kepada masyarakat," ucapnya.

Hasyim mengatakan, Fasilitas ini bertujuan untuk membantu pengelolaan limbah tinja secara aman dan sehat, khususnya bagi warga yang tinggal di wilayah dengan sistem septic tank komunal maupun individu.

"Layanan sedot tinja ini menggunakan satu unit kendaraan operasional yang diadakan pada tahun anggaran 2024," ucapnya.

Dia menyampaikan, bahwa pelayanan sedot tinja ini yang di sediakan oleh pihaknya tersebut tanpa di pungut biaya. Di mana hal itu sebagai bentuk kepedulian Pemkab Kobar terhadap lingkungan, khususnya bagi warga yang tinggal di bantaran sungai.

"Fasilitas ini bisa mencegah pencemaran air akibat pembuangan tinja langsung ke sungai," ujar dia.

Menurut Kepala Dinas PUPR Kotim itu, penyedotan tinja secara berkala sangat penting untuk menjaga kebersihan lingkungan serta mencegah pencemaran air tanah. Adapun tinja yang dikelola dengan baik, dapat pula memastikan bahwa septic tank berfungsi optimal, sehingga tidak mengganggu kesehatan masyarakat.

"Hadirnya  layanan ini, warga tidak perlu bingung ke mana harus melakukan sedot tinja kini bisa langsung menghubungi kantor Dinas PUPR Kobar," demikian Hasyim Mualim.

Baca juga: Pemkab jadikan Kobar Expo salah satu pendorng pertumbuhan ekonomi

Baca juga: Minimalisir kecelakaan lalulintas, Pemkab Kobar melakukan pemasangan PJU

Baca juga: Kobar Expo 2024 hadirkan berbagai produk unggulan

Baca juga: Rute penerbangan Pangkalan Bun menuju IKN akan dibuka