Barito Utara Bangun Rumah Sakit Lima Lantai

id Barito Utara Bangun Rumah Sakit, Rumah Sakit Lima Lantai,

Barito Utara Bangun Rumah Sakit Lima Lantai

Bupati Barito Utara Nadalsyah bersama Wakil Bupati, Ompie Herby, Wakil Ketua I DPRD Hj Merry Rukaini dan pejabat lainnya serta konsultan pembangunan RSUD saat melihat Maket RSUD, di Muara Teweh, Senin. (Istimewa)

Jadi kapasitas semuanya termasuk rawat jalan, rawat inap dan sebagainya kita sesuaikan dengan standar Kementerian Kesehatan RI,"
Muara Teweh, 26/10 (Antara) - Pemerintah Kabupaten Barito Utara, Kalimantan Tengah akan membangun Rumah Sakit Umum Daerah Muara Teweh berlantai lima dengan dana senilai Rp65 miliar.

Pembangunan RSUD Muara Teweh yang megah itu sudah dipaparkan konsultan yang dihadiri Bupati Barito Utara Nadalsyah dan Wakil Bupati Ompie Herby dan Waket I DPRD Hj Mery Rukaini di Muara Teweh, Senin.

Perwakilan konsultan PT Etika Prana, Andon Setyo Wibowo mengatakan untuk mencapai pelayanan yang baik, maka rumah sakit ini perlu ditingkatkan dari kelas D menjadi kelas B sesuai standar dari Kementerian Kesehatan.

"Jadi kapasitas semuanya termasuk rawat jalan, rawat inap dan sebagainya kita sesuaikan dengan standar Kementerian Kesehatan RI," kata dia.

Menurut dia, pada bagian belakang rumah sakit ada tempat untuk pemeliharaan alat kesehatan, alat-alat kendaraan dan pengelolaan sanitasi di belakangnya.

Ia mengatakan, pelayanan diharapkan dengan sistem informasi yang terpadu. "Terpadu semua, dimana petugas-petugas non medis dan para medis dapat mengakses misalnya ketersediaan obat dan ketersediaan alat kesehatan, semuanya dapat dilihat," paparnya.

Bupati Barito Utara, Nadalsyah mengatakan daerah ini ini memiliki jumlah penduduk sekitar 172 ribu jiwa. Pada saat ini belum memiliki rumah sakit umum tipe B. Sedangkan kebutuhan pelayanan rumah sakit yang berkualitas sangat dibutuhkan masyarakat.

"Untuk itu, Pemkab Barito Utara dalam programnya untuk mewujudkan kawasan RSUD Muara Teweh tipe C menjadi RSUD tipe B, sehingga sangat membutuhkan suatu perencanaan pembangunan rumah sakit umum yang lebih terencana dan terpadu," kata Nadalsyah.

Dengan adanya rumah sakit seperti ini di Kabupaten Barito Utara nantinya bisa menjadi ikon bagi Kabupaten Barito Utara. Rumah sakit ini direncanakan untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat.

"Rencana pembangunan RSUD ini tak lepas dari dukungan dari semua pihak dan usulan-usulan kami dan dukungan kalangan legislatif," ujar Bupati Nadalsyah.

Kebijakan yang diyakini ini, bisa meningkatkan kualitas pelayanan RSUD Muara Teweh ini mendapat dukungan dari berbagai kalangan, tidak terkecuali dukungan dari anggota DPRD Kabupaten Barito Utara.