Perkokoh jiwa relawan kepada generasi muda, kata Wabup Gumas

id Kabupaten Gunung Mas,Gumas,Wakil Bupati Gumas, Efrensia LP Umbing,Ketua PMI Gumas

Perkokoh jiwa relawan kepada generasi muda, kata Wabup Gumas

Wakil Bupati sekaligus Ketua PMI Kabupaten Gunung Mas Efrensia LP Umbing memukul gong tanda dibukanya Jumbara gabungan VI tingkat PMR Wira dan Madya di SMAN 1 Kurun, Sabtu (19/10/2019). (ANTARA/Chandra)

Kuala Kurun, Gunung Mas (ANTARA) - Wakil Bupati Gunung Mas, Kalimantan Tengah, Efrensia LP Umbing mengajak semua pihak untuk terus menanamkan dan memperkokoh jiwa relawan kepada generasi muda.

Jiwa relawan yang dimaksud adalah suka menolong secara ikhlas dan tanpa mengharapkan balasan atau pamrih, kata Efrensia saat membuka Jumpa Bakti Gembira gabungan ke VI tingkat Palang Merah Remaja, di SMAN 1 Kurun, Sabtu.

"Apabila itu tertanam di jiwa generasi muda, saya yakin tolong menolong antar sesama umat manusia akan semakin meningkat di masa-masa mendatang," tambahnya.

Dikatakan, Palang Merah Indonesia terdiri dari tiga komponen, yakni sukarelawan, pengawal dan pengurus. Dalam hal ini, PMR adalah bagian dari komponen sukarelawan PMI yang paling dasar.

Efrensia yang juga menjabat sebagai Ketua PMI Kabupaten Gumas menyebut, PMR merupakan wadah bagi pembinaan dan pengembangan anggota remaja PMI, dengan rentang usia 10-17 tahun.

Jumbara, lanjut dia, adalah salah satu kegiatan PMR yang bertujuan agar para anggota PMR dari berbagai sekolah bisa bertegur sapa, bersilaturahmi dan saling bertukar ilmu untuk menambah wawasan anggota PMR yang ikut.

“Jumbara juga mendidik peserta agar peduli sosial antar sesama manusia melalui kegiatan donor darah. Oleh sebab itu, diharapkan PMR dapat senantiasa bersinergi dengan PMI dalam melaksanakan tugas-tugas kemanusiaan,” bebernya.

Baca juga: Legislator harapkan dokumen RAD AMPL Gumas 2019-2024 disusun secara tepat

Dia berharap para peserta jumbara tetap sehat, bersemangat dan bergembira mengikuti kegiatan ini, dengan demikian mereka dapat menjadi generasi yang berkualitas serta dapat diandalkan untuk membangun bangsa dan negara.

"PMI berkomitmen untuk berpartisipasi membangun bangsa lewat generasi muda melalui PMR, dengan cara selalu mendukung berbagai kegiatan positif, termasuk jumbara yang saat ini dilaksanakan SMAN 1 Kurun," kata Efrensia .

Sementara itu, Kepala SMAN 1 Kurun Batuah mengatakan jumbara yang dilaksanakan kali ini merupakan jumbara gabungan tingkat PMR Madya dan Wira. Sebagai peserta adalah PMR dari SMAN 1 Kurun, SMPN 1 Kurun dan SMPN 6 Kurun.

"Semoga dengan mengikuti jumbara ini para peserta dapat menambah ilmu pengetahuan, wawasan, pertemanan, serta saling bertukar pengalaman dengan peserta yang berasal dari sekolah lain," kata Batuah.

Baca juga: Pemkab Gumas susun dokumen RAD AMPL 2019-2024

Baca juga: Legislator Gumas harapkan program SMA Kewirausahaan tumbuhkan semangat siswa berwirausaha