KPU Palangka Raya mulai siapkan logistik Pilkada Kalteng 2020

id KPU Palangka Raya,Palangka Raya,Kalteng,Pilkada Kalteng,Pilkada Serentak,Pilkada 2020,KPU Palangka Raya mulai siapkan logistik Pilkada Kalteng 2020,Ng

KPU Palangka Raya mulai siapkan logistik Pilkada Kalteng 2020

Petugas KPU mengangkat kotak suara Pilkada Kalteng 2020 di Palangka Raya, Jumat (13/11/2020). (ANTARA/Rendhik Andika)

Palangka Raya (ANTARA) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Palangka Raya mulai menyiapkan kebutuhan logistik untuk setiap Tempat Pemungutan Suara (TPS) pada pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah Provinsi Kalimantan Tengah 2020.

"Sebagian logistik kita sudah datang. Logistik kotak suara sudah kita terima sesuai jumlah Tempat Pemungutan Suara (TPS) sebanyak 622 TPS," kata Ketua KPU Kota Palangka Raya, Ngismatul Choiriyah, Sabtu.

Dia menerangkan, saat ini logistik TPS berupa kotak suara telah selesai dikemas dan disimpan di gudang logistik KPU Ibu Kota Provinsi Kalimantan Tengah.

Baca juga: KPU Palangka Raya sosialisasikan tahapan Pilkada Kalteng di lapas

"Awal kedatangan ada tiga kotak suara yang rusak. Kondisi itu sudah kita sampaikan dan penggantiannya pun juga sudah datang. Saat ini posisi kota suara lengkap dan sudah siap. Sembari menunggu kesiapan logistik lain maka kotaK suara kita simpan," katanya.

Wanita berhijab itu menambahkan, selain kotak suara, logistik TPS Pilkada Kalteng 2020 yang juga telah diterima KPU Kota Palangka Raya seperti tinta dan segel.

"Untuk tinta jumlah yang kita terima yakni sebanyak 1.244 karena nantinya setiap TPS akan mendapat dua tinta. Logistik lain yang juga telah kami terima yakni segel. Saat ini masih disiapkan petugas," kata Ngismatul.

Baca juga: KPU Palangka Raya bekali Relawan Demokrasi tentang teknik penerapan protokol kesehatan

Pihaknya pun menargetkan seluruh logistik untuk setiap tempat pemungutan suara sudah terdistribusi dari KPU Palangka Raya pada H-1 hari pemungutan suara atau pada 8 Desember 2020.

Dalam rangka pengamanan distribusi logistik dan TPS pihaknya juga terus berkoordinasi dengan berbagai pihak terkait seperti pemerintah kota, unsur TNI dan Polri serta Bawaslu Kota Palangka Raya.

Sejumlah skema pengamanan pendistribusian logistik juga telah disiapkan mengingat sejumlah tempat pemungutan suara di wilayah "Kota Cantik" ini hanya dapat dijangkau menggunakan jalur air atau sungai.

Baca juga: KPU pastikan penerapan protokol kesehatan dalam sosialisasi pilkada

Pada pelaksanaan Pilkada Kalteng 2020, KPU Kota Palangka Raya, menetapkan Daftar Pemilih Tetap sebanyak 180.771 jiwa terdiri dari 89.707 laki-laki dan 91.064 pria.

Mereka akan melakukan pemungutan suara atau menggunakan hak pilih sesuai lokasi masing-masing yang terbagi di 622 TPS yang tersebar di lima kecamatan dan 30 kelurahan di wilayah "Kota Cantik".

Sementara peserta Pilkada Kalteng diikuti oleh pasangan Ben Brahim S Bahat-Ujang Iskandar dan pasangan Sugianto Sabran-Edy Pratowo.

Baca juga: KPU Palangka Raya buka pendaftaran untuk 4.354 calon anggota KPPS

Baca juga: KPU: Jadilah pemilih cerdas dengan mengenali visi dan misi paslon

Pewarta :
Uploader : Ronny
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar