1.774 peserta akan meriahkan pembukaan Porkab Kotim

id 1.774 peserta akan meriahkan pembukaan Porkab Kotim, kalteng, Sampit, kotim, kotawaringin Timur

1.774 peserta akan meriahkan pembukaan Porkab Kotim

Puluhan peserta mengikuti gladi bersih pembukaan Porkab Kotawaringin Timur tahun 2022 di Stadion 29 November Sampit, Jumat (3/6/2022). Pembukaan Porkab akan dilaksanakan Sabtu (4/7/2022). ANTARA/Norjani

Sampit (ANTARA) - Sedikitnya 1.774 peserta akan memeriahkan pembukaan Pekan Olahraga Kabupaten (Porkab) Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah, di Stadion 29 November Sampit pada Sabtu (4/6) malam nanti. 

"Kita sudah menyiapkan panggung VIP di sebelah timur sehingga tribun utama stadion bisa ditempati masyarakat yang ingin menyaksikan acara pembukaan ini. Kita sudah siapkan acara pembukaan nanti dengan meriah karena terakhir Porkab digelar pada 1987 lalu, sehingga masyarakat sudah lama menantikan ini," kata Ketua Panitia Porkab Kotawaringin Timur 2022, Raihansyah saat persiapan di Stadion 29 November Sampit. 

Porkab akan dibuka Bupati Halikinnor dihadiri undangan dari berbagai pihak. Masyarakat juga diajak untuk hadir menyaksikan pembukaan dan gelaran 14 cabang olahraga yang dipertandingkan pada event yang diikuti peserta dari 17 kecamatan tersebut. 

Berdasarkan data panitia pada Jumat sore, peserta dari Kecamatan Parenggean sebanyak 107 orang mengikuti 10 cabang olahraga, Kota Besi 120 orang mengikuti  sembilan cabang olahraga, Telaga Antang 50 orang mengikuti  lima cabang olahraga, Antang Kalang 82 orang mengikuti enam cabang olahraga. 

Kecamatan Bukit Santuai sebanyak 82 orang mengikuti  empat  cabang olahraga, Cempaga Hulu 106 peserta mengikuti  sembilan cabang olahraga, Pulau Hanaut 80 orang mengikuti  sembilan cabang olahraga, Teluk Sampit 63 orang mengikuti  lima  cabang olahraga. 

Kecamatan Cempaga sebanyak 120 orang mengikuti 10 cabang olahraga, Mentawa Baru Ketapang 224 orang mengikuti 14 cabang olahraga, Baamang 172 orang mengikuti 13 cabang olahraga, Mentaya Hilir Selatan 137 orang mengikuti 10 cabang olahraga. 

Kecamatan Seranau sebanyak 114 orang mengikuti  delapan  cabang olahraga, Mentaya Hulu 43 orang mengikuti  lima  cabang olahraga dan Tualan Hulu 40 orang mengikuti  lima cabang olahraga, Telawang 120 orang mengikuti 11 cabang olahraga dan Mentaya Hilir Utara 114 orang mengikuti  tujuh cabang olahraga. 

Baca juga: Setelah 35 tahun vakum, Porkab Kotim akan digelar meriah

Baca juga: Legislator Kotim: Kualitas Porkab jadi barometer prestasi di Porprov

"Acara resmi dibuka ditandai dengan penyalaan api Porkab oleh Pak Bupati. Sebelumnya obor akan diarak oleh sejumlah atlet dari berbagai cabang olahraga. Acara juga akan dimeriahkan dengan kembang api dan hiburan," kata Raihansyah. 

Porkab 2022 akan berlangsung hingga Selasa (7/6) nanti. Meski pembukaan secara resmi baru dilaksanakan Sabtu (4/6) malam, namun sejumlah cabang olahraga telah menggelar pertandingan lebih awal karena kompetisi  berlangsung cukup lama yaitu sepak bola, bola voli, futsal, catur, taekwondo dan bulu tangkis. 

Menurut Raihansyah, Porkab ini menjadi ajang penjaringan atlet terbaik Kotawaringin Timur yang akan dipersiapkan berlaga pada Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Kalimantan Tengah di Sampit pada 2023 nanti. 

Untuk itu di setiap cabang olahraga akan ada pemantau potensi dari setiap atlet untuk dipanggil pada seleksi nanti. Tidak menutup kemungkinan ada atlet yang dipanggil seleksi berasal dari tim yang kalah saat Porkab karena kemampuan individu juga akan menjadi penilaian. 

Selain itu, pelaksanaan Porkab juga menjadi latihan atau pemanasan bagi Kotawaringin Timur sebagai persiapan menjadi tuan rumah Porprov 2023 nanti. Evaluasi akan dilakukan usai Porkab nanti agar nantinya berbagai kekurangan bisa diperbaiki agar tidak terjadi lagi saat Porprov nanti. 

"Makanya kami berharap dukungan semua pihak. Sukses Porkab dan Porprov beserta prestasinya menjadi kewajiban dan tanggung jawab kita semua," demikian Raihansyah. 

Baca juga: KONI Kotim berharap catur mampu borong medali emas Porprov Kalteng

Baca juga: Futsal Kotim diharapkan mampu tingkatkan prestasi di Porprov Kalteng

Baca juga: Porkab jadi ajang penjaringan atlet voli Kotim menghadapi Porprov