Legislator Seruyan minta potensi objek pajak baru perlu ditambah

id DPRD Seruyan,Seruyan,Kalteng,Kuala Pembuang, Salidin,Legislator Seruyan minta potensi objek pajak baru perlu ditambah,potensi objek pajak baru

Legislator Seruyan minta potensi objek pajak baru perlu ditambah

Anggota DPRD Kabupaten Seruyan Salidin di Kuala Pembuang. ANTARA/HO-Publikasi DPRD Seruyan.

Kuala Pembuang (ANTARA) - Anggota DPRD Kabupaten Seruyan, Kalimantan Tengah Salidin meminta jika potensi objek pajak baru perlu ditambah, hal tersebut dikarenakan rendahnya pendapatan asli daerah (PAD) yang bersumber dari retribusi pajak.

“Untuk menciptakan objek pajak baru ini tentu harus ada upaya dari semua pihak terlebih bagi satuan organisasi perangkat daerah (SOPD) di wilayah setempat agar bisa inovatif,” kata Salidin di Kuala Pembuang, Sabtu.

Dia mengatakan, dengan menambah potensi objek pajak baru, maka realisasi PAD pada sektor pajak akan meningkat seiring dengan bertambahnya objek yang bisa dipungut. Memang ada beberapa dinas yang telah melakukan hal tersebut.

Baca juga: Nelayan di Seruyan sulit dapatkan BBM Subsidi

“Saya yakin Pemkab Seruyan pasti bisa merumuskan apa-apa saja potensi yang bisa ditambah, karena teknisnya memang ada di sana, apalagi sudah ada beberapa dinas yang telah menjalankan hal tersebut,” jelasnya.

Lanjut dia, pihaknya sangat bersedia jika dilibatkan untuk membahas potensi objek pajak tersebut, sehingga nanti diharapkan pada penerapannya bisa berjalan dengan maksimal dan pastinya dapat meningkatkan PAD di Seruyan.

“Kalau PAD kita meningkat tentunya pembangunan serta kesejahteraan juga akan lebih baik lagi kedepannya,” ungkapnya.

Baca juga: Anggota DPRD Kalteng siap perjuangkan usulan petani di Seruyan

Selain menambah objek pajak baru, Salidin mengatakan perlu memaksimalkan penarikan potensi objek pajak yang sebelumnya sudah ada juga sangat diperlukan, terlebih objek-objek pajak yang menyumbang besar terhadap realisasi PAD. 

Apabila penarikannya belum maksimal juga, maka akan berpengaruh terhadap pendapatan daerah yang memang harus lebih ekstra lagi.

“Potensi yang sudah ada itu jangan sampai kita lupakan. Bagi yang memang dirasa penarikannya sudah bagus, maka hendaknya ditingkatkan lagi. Bagi yang belum optimal lakukan evaluasi, apa kira-kira yang menjadi kendala dan bersama-sama merumuskan solusinya,” katanya.

Politisi Partai Nasdem itu menambahkan untuk potensi objek pajak tersebut sangat banyak sekali mulai dari sektor, perkebunan, pertanian, perikanan, peternakan, pariwisata, dan lainnya. Untuk mewujudkan hal tersebut harus ada upaya yang serius.

Baca juga: Langkah Seruyan perjuangkan plasma patut dicontoh daerah lain di Kalteng

Baca juga: DPRD Seruyan sarankan puskesmas pelosok diberi mobil ambulans dobel gardan

Baca juga: Tingkatkan sinergitas, PBS harus miliki kantor perwakilan di Seruyan

Baca juga: Badan Kehormatan minta keaktifan anggota DPRD Seruyan ditingkatkan