Bawaslu Palangka Raya buka pendaftaran panwascam 21 September

id Bawaslu Kota Palangka Raya,Kalteng,Panwascam,Perekrutan Panwascam,Pemilu 2024,Bawaslu Palangka Raya akan rekrut 15 anggota Panwascam

Bawaslu Palangka Raya buka pendaftaran panwascam 21 September

Ketua Bawaslu Kota Palangka Raya Endrawati menjelaskan kepada ANTARA terkait perekrutan anggota Panwascam untuk pemilu 2024 mendatang di ruang kerjanya, Kamis (22/9/2022). ANTARA/Adi Wibowo

Palangka Raya (ANTARA) - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah membuka pendaftaran perekrutan calon anggota Pengawas Pemilihan Umum Kecamatan (Panwascam) sebanyak 15 orang.

Ketua Bawaslu Kota Palangka Raya Endrawati saat disambangi ANTARA di ruang kerjanya, Rabu, mengatakan 15 orang yang direkrut nantinya akan ditugaskan di lima kecamatan yang ada di daerah setempat.

"Jadi satu kecamatan panwascam yang akan ditugaskan berjumlah tiga orang," katanya.

Dia menjelaskan, pendaftaran tersebut dilaksanakan pada tanggal 21-27 September 2022 hingga sampai saat ini tercatat sudah ada 11 orang yang mendaftarkan diri.

Dari 11 orang tercatat lima orang perempuan dan enam laki-laki. Tidak menutup kemungkinan jumlah pendaftar sebelum tanggal penutupan akan terus bertambah.

"Untuk 2020 lalu pendaftar Panwascam di 2022 pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) berjumlah 140 orang. Tetapi untuk kuota tetap hanya 15 orang untuk mengisi di lima kecamatan di Kota Palangka Raya," ucap Endrawati.

Wanita yang kesehariannya beraktivitas di luar rumah selalu mengenakan kerudung tersebut menuturkan, untuk persyaratan bagi masyarakat yang hendak mendaftar sebagai Panwascam Pemilu 2024 yang bersangkutan harus berumur 25 tahun.

Bahkan peserta juga wajib berdomisili di wilayah Kota Palangka Raya, dibuktikan dengan kartu tanda penduduk elektronik. Selanjutnya berpendidikan paling rendah sekolah menengah atas (SMA).

Para pelamar juga tidak pernah menjadi anggota partai politik atau telah mengundurkan diri dari keanggotaan partai politik, sekurang-kurangnya lima tahun pada saat pendaftaran.

"Terkait sejumlah persyaratan lainnya para pendaftar bisa datang langsung ke kantor Bawaslu atau menscan lampiran persyaratan di htt://bitly/PANWASCAM_PKY_2022 dengan yang telah disebar di akun instagram bawaslupalangkaraya," bebernya.

Endrawati juga menegaskan, bahwa perekrutan Panwascam tersebut tidak dipungut biaya. Sedangkan untuk tahapan pendaftaran di buka 21-27 September 2022, kemudian untuk pengumuman hasil penelitian berkas pada 12 Oktober 2022.

Para pelamar yang dinyatakan lulus dalam tahapan penelitian pemberkasan akan mengikuti tes tertulis yang dijadwalkan pada 14-16 Oktober 2022.

Untuk pengumuman hasil tes tertulis akan diumumkan pada 17 Oktober 2022.

"Sedangkan tes wawancara dilaksanakan pada 18-22 Oktober 2022 dan untuk hasil akhir nantinya akan diumumkan oleh pihak Bawaslu setempat setelah semua tahapan seleksi rampung," demikian Endrawati.