Terowongan Nur Mentaya disiapkan untuk pesta rakyat HUT Kotim

id Terowongan Nur Mentaya disiapkan untuk pesta rakyat HUT Kotim, kalteng, Sampit, kotim, bupati kotim, Halikinnor, raihansyah

Terowongan Nur Mentaya disiapkan untuk pesta rakyat HUT Kotim

Kawasan Terowongan Nur Mentaya dipadati pengunjung saat malam pergantian tahun, Jumat (31/12/2022) lalu. ANTARA/HO-Dokumentasi Pribadi

Sampit (ANTARA) - Ikon wisata baru Terowongan Nur Mentaya dipilih menjadi lokasi pelaksanaan pesta rakyat bertajuk "Hasupa Hasundau" memeriahkan hari ulang tahun ke-70 Kabupaten Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah pada Sabtu (7/1) malam nanti. 

"Nanti kita siapkan tempat khusus untuk makanan gratis di Terowongan Nur Mentaya. Kami undang masyarakat untuk datang menikmati. Juga ada hiburan di setiap titik, bekerjasama dengan ASSI atau Asosiasi Seniman Musik Kotim," kata Bupati Halikinnor di Sampit, Senin. 

Halikinnor menjelaskan, upacara peringatan HUT ke-70 Kabupaten Kotawaringin Timur akan dilaksanakan di halaman kantor bupati. Dia memutuskan tidak menyetujui usulan upacara dilaksanakan di dermaga Pelabuhan Sampit karena dikhawatirkan akan mengganggu aktivitas masyarakat di fasilitas penting itu. 

Selanjutnya, rangkaian acara dilanjutkan dengan pesta rakyat berupa "Hasupa Hasundau" di Terowongan Nur Mentaya di Jalan Tjilik Riwut. Dia sudah memerintahkan setiap satuan organisasi perangkat daerah untuk menyiapkan tenda masing-masing yang nantinya menyediakan makanan secara gratis untuk masyarakat. 

Halikinnor berharap masyarakat bisa menikmati kemeriahan HUT daerah ini. Pemilihan lokasi juga merupakan upaya untuk mempromosikan Terowongan Nur Mentaya sebagai ikon baru Kota Sampit yang diharapkan semakin meningkatkan sektor pariwisata dan ekonomi masyarakat. 

"Tapi nanti jangan sampai salah. Yang gratis itu nanti di tempat-tempat yang disiapkan pemerintah daerah. Kalau di jualan-jualan warga itu tidak gratis. Silahkan warga membeli," tambah Halikinnor. 

Baca juga: Bupati Kotim sebut penilaian kinerja SOPD untuk memotivasi

Sementara itu, persiapan "Hasupa Hasundau" tersebut terus dilakukan. Seluruh SOPD dan para musisi juga berkoordinasi untuk mempersiapkan berbagai keperluan pesta rakyat tersebut. 

Staf Ahli Bupati Kotawaringin Timur, Raihansyah menjelaskan, SOPD bersama ASSIK dan dibantu panitia akan melakukan persiapan di lokasi mulai pukul 08.00 hingga 16.00 WIB. Jalan di kawasan itu akan ditutup mulai pukul 17.00 WIB, dilanjutkan pelaksanaan acara mulai pukul 19.00 hingga 23.00 WIB. 

Sedikitnya ada 16 stan yang akan disiapkan. Lokasinya akan dibagi sesuai titik-titik yang ditetapkan panitia agar masyarakat bisa mendatanginya dengan mudah. 

Setiap stan akan menyiapkan berbagai makanan dan kue yang diutamakan dibeli dari pedagang-pedagang yang ada di kawasan Terowongan Nur Mentaya sehingga kegiatan itu juga membawa dampak positif bagi masyarakat. 

Warga bisa menikmati makanan sambil duduk di stan-stan yang disiapkan. Setiap stan juga akan menyiapkan hiburan organ tunggal dari anggota ASSIK. 

"Acara ini disiapkan benar-benar untuk masyarakat. Selain bisa dinikmati bersama, acara ini juga diharapkan membawa manfaat bagi masyarakat, khususnya pelaku usaha di kawasan Terowongan Nur Mentaya," demikian Raihansyah. 

Baca juga: Mal Pelayanan Publik Kotim mulai difungsikan

Baca juga: Dandim Sampit ajak masyarakat jaga kondusivitas di tahun politik

Baca juga: Aliran listrik PLN terangi asa masa depan hingga ke pelosok