Legislator Palangka Raya ajak masyarakat manfaatkan program peningkatan SDM

id Dprd palangka raya, blk palangka raya, nenie a lambung, pemberdayaan masyarakat, pelatihan kerja, palangkaraya

Legislator Palangka Raya ajak masyarakat manfaatkan program peningkatan SDM

Arsip-Peserta pelatihan kerja di BLK Palangka Raya. (ANTARA/Ho-Kementerian Ketenagakerjaan RI)

Palangka Raya (ANTARA) - Legislator Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah mengajak masyarakat agar bisa memanfaatkan program pemerintahan dalam peningkatan sumber daya manusia (SDM) yang ada di wilayahnya. 

"Saat ini pemkot melalui Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) membuka kesempatan bagi masyarakat yang ingin mengikuti pelatihan kerja," ujar Anggota DPRD Nenie A Lambung di Palangka Raya, Rabu. 

Oleh karenanya, dia pun mengajak masyarakat khususnya generasi muda untuk memanfaatkan kesempatan tersebut, selain untuk mendapatkan pengalaman, juga sebagai peningkatan kualitas SDM. 

"Apalagi setelah lulus dari pelatihan kerja tersebut, selain dapat ilmu dan keterampilan yang bermanfaat, juga membuat kita siap dalam dunia kerja yang penuh persaingan di luar sana," ucapnya. 

Ketua Komisi B DPRD Kota Palangka Raya tersebut meminta agar Disnaker terus mensosialisasikan program ini kepada masyarakat melalui berbagai cara, misal melalui media sosial, spanduk, maupun media massa.

"Apalagi pelatihan ini gratis atau tanpa pungutan, jadi kita harapkan pelatihan keterampilan seperti ini terus berkelanjutan, sebagai upaya peningkatan SDM dan menekan angka pengangguran di Palangka Raya," harapnya. 

Baca juga: Mudah dan Cepat, Imigrasi Palangka Raya adakan layanan Eazy Passport

Seperti diketahui, Disnaker Kota Palangka Raya membuka lima kategori pada program pelatihan kerja tahap kedua, yakni pelatihan operator komputer, tata kecantikan tahap awal, pembuatan roti, pengelasan, dan perbaikan kendaraan ringan sistem injeksi. 

"Pendaftaran sendiri akan mulai dibuka pada 12 Mei 2023, atau melalui situs web https://siapkerja.kemnaker.go.id," kata Kepala Disnaker Kota Palangka Raya, Mesliani Tara. 

Syarat yang diperlukan untuk bisa jadi peserta adalah usia minimal 18 tahun, sehat jasmani dan rohani dan tidak sedang bekerja. Selanjutnya melampirkan fotocopy ijazah terakhir, fotocopy identitas, pas photo 3×4 dengan latar belakang merah dan menggunakan kemeja putih serta mengisi formulir pendaftaran di aplikasi siap kerja.

"Pelatihan kerja ini merupakan komitmen Pemerintah Kota Palangka Raya untuk menciptakan Sumber Daya Manusia yang unggul dan berdaya saing," demikian Mesliani. 

Baca juga: Polda Kalteng catat 12 warga jadi korban pemerasan kasus VCS