Bupati Gumas lantik tiga pj kades, berikut daftarnya

id Pemkab gunung mas, bupati gumas, jaya s monong, pj kades gunung mas, kuala kurun, gumas, gunung mas

Bupati Gumas lantik tiga pj kades, berikut daftarnya

Bupati Gunung Mas Jaya S Monong melantik tiga pj kades di Kuala Kurun, Selasa (18/7/2023). (ANTARA/Chandra)

Kuala Kurun (ANTARA) - Bupati Gunung Mas, Kalimantan Tengah, Jaya S Monong mengingatkan penjabat (pj) kepala desa di wilayah setempat agar lebih berhati-hati dalam melaksanakan tata kelola pemerintahan desa.

Tata kelola yang dimaksud termasuk dalam hal keuangan dan aset desa, ucapnya usai melantik tiga orang pj kades yang dipusatkan di Kuala Kurun, Selasa.

“Harus lebih berhati-hati, karena sudah ada kades dan perangkat desa yang berhadapan dengan hukum karena kurangnya ketelitian dan kehati-hatian, baik disengaja maupun tidak disengaja,” sambungnya.

Pj kades hendaknya lebih teliti, cermat dan berhati-hati dalam menyusun perencanaan desa, penggunaan Alokasi Dana Desa maupun Dana Desa secara efektif, efisien dan tepat sasaran.

Selain itu, pj kades harus mengelola keuangan desa dengan benar, penuh tanggung jawab dan tepat waktu, dengan menjunjung tinggi asas pengelolaan keuangan desa serta pengelolaan aset desa.

Hal terpenting adalah pj kades harus menghindari hal-hal yang dapat merusak marwah pemerintahan desa, sehingga nama baik pemerintah desa dan badan permusyawaratan desa (BPD) tetap terjaga.

“Oleh karena itu, saya mengingatkan kepada seluruh pj kades, kades, perangkat desa, dan BPD untuk lebih meningkatkan integritas, profesionalisme, transparansi, akuntabilitas, serta harus bersih dari korupsi, kolusi, dan nepotisme,” kata Jaya.

Baca juga: Pemkab Gunung Mas buka seleksi terbuka jabatan pimpinan tinggi pratama

Sedangkan kepada para camat, selaku penyelenggara pembinaan dan pengawas wilayah, diminta untuk selalu mengarahkan mengontrol, mengevaluasi, atau memecahkan permasalahan, demi penyelenggaraan pemerintahan desa yang lebih baik.

Adapun tiga orang pj kades yang dilantik pada kesempatan ini yakni Gali sebagai Pj Kades Mangkuhung Kecamatan Miri Manasa. Gali menggantikan kades sebelumnya yakni Yunanto.

Selanjutnya Rawan sebagai Pj Kades Fajar Harapan Kecamatan Manuhing. Rawan menggantikan kades sebelumnya yakni Wahidin.

Kemudian Yadiershen sebagai Pj Kades Batu Nyapau Kecamatan Tewah. Yadiershen menggantikan kades sebelumnya yakni Suriansyah.

Baca juga: Bupati ajak Karang Taruna Gunung Mas bersinergi bangun daerah

Baca juga: Tekan penularan DBD, Dinkes Gumas diminta pengasapan segera dilakukan

Baca juga: Pemkab Gunung Mas pasang titian kayu di Jalan Mangkurambang