Trail adventure dinilai menjadi sarana strategis promosikan wisata Gunung Mas

id dprd gunung mas, wakil ketua dprd gumas, binartha, trail adventure, situs tambun bungai, kuala kurun, gumas, gunung mas

Trail adventure dinilai menjadi sarana strategis promosikan wisata Gunung Mas

Wakil Ketua I DPRD Kabupaten Gunung Mas Binartha (kanan) saat pembukaan trail adventure jelajah alam Situs Tambun Bungai yang mengambil start di Kuala Kurun, (11/11/2023). (ANTARA/Chandra)

Kuala Kurun (ANTARA) -
Legislator Kabupaten Gunung Mas, Kalimantan Tengah, Binartha menyambut baik pelaksanaan trail adventure jelajah alam Situs Tambun Bungai sekaligus berharap kegiatan serupa kembali dilaksanakan di daerah setempat.
 
Terlebih Gunung Mas memiliki banyak wisata unggulan yang bisa menjadi jalur untuk pelaksanaan trail adventure selanjutnya, ucapnya di Kuala Kurun, Senin.
 
“Gunung Mas memiliki banyak objek wisata yang bisa dijadikan jalur trail adventure, seperti Riam Karaha di Kecamatan Manuhing Raya dan beberapa lainnya,” sambung pria yang akrab disapa Obin ini.
 
Trail adventure mampu mempromosikan Gunung Mas, sebab para peserta yang berasal dari berbagai daerah akan menceritakan kembali kepada orang-orang di sekitar mereka, tentang keindahan alam yang mereka lihat selama mengikuti kegiatan.
 
Selain itu, trail adventure juga bisa menjadi wadah bagi generasi muda di kabupaten bermoto ‘Habangkalan Penyang Karuhei Tatau’ untuk menyalurkan kecintaan mereka pada olahraga otomotif.
 
“Dari pada kebut-kebutan di jalan, lebih baik generasi muda memanfaatkan trail adventure untuk menyalurkan kecintaan terhadap olahraga otomotif, sembari menikmati keindahan alam,” terang politisi Partai Golkar ini.

Baca juga: Pemkab Gumas gelontorkan Rp940 juta untuk renovasi stadion
 
Sebelumnya, Ketua IMI Gunung Mas, Evandi mengatakan trail adventure jelajah alam Situs Tambun Bungai diselenggarakan dalam rangka memperingati Hari Pahlawan yang jatuh setiap 10 November.
 
Dalam pelaksanaannya, trail adventure mengambil start di Kuala Kurun untuk kemudian para peserta menuju situs Tambun Bungai di Tumbang Pajangei. Di Tumbang Pajangei juga akan dilakukan sejumlah bakti sosial.
 
“Ke depan jika memungkinkan trail adventure akan kembali dilaksanakan di Gunung Mas, karena sangat banyak usulan yang disampaikan kepada kami agar trail adventure kembali dilaksanakan,” beber Evandi.
 
Ketua panitia kegiatan, Meidarno Gantar menyampaikan trail adventure jelajah alam Situs Tambun Bungai diikuti oleh 222 peserta yang berasal dari berbagai daerah di Kalteng bahkan Kalimantan Selatan.
 
“Untuk lokasi adventure, para peserta melewati jalur situs Tambun Bungai, Goa Pondan, dan Air Terjun Danum Bahandang,” demikian Meidarno Gantar.

Baca juga: Trail adventure perkenalkan situs Tambun Bungai di Gunung Mas

Baca juga: Wabup Gumas: Sikapi perbedaan pilihan dalam Pemilu 2024 dengan bijaksana

Baca juga: DPRD Gumas berharap nilai kepahlawanan ditanamkan sejak dini