Kobar menjadi kabupaten pertama di Kalteng menggunakan KKPD

id Penjabat Bupati Kotawaringin Barat, Kotawaringin Barat, Kobar, Budi Santosa, kalimantan tengah, kalteng

Kobar menjadi kabupaten pertama di Kalteng menggunakan KKPD

Pj Bupati Kobar Budi Santosa saat menyerahkan secara simbolis kartu kredit pemerintah daerah kepada Plh Sekda Juni Gultom, Selasa (2/1/2024) ANTARA/Safitri RA.

Pangkalan Bun (ANTARA) - Penjabat Bupati Kotawaringin Barat (Kobar) Budi Santosa menyatakan bahwa kabupaten yang dipimpin dirinya, menjadi yang pertama di Provinsi Kalimantan Tengah menggunakan Kartu Kredit Pemerintah Daerah (KKPD) dalam pelaksanaan transaksi anggaran belanjanya.

"KKPD menjadi solusi untuk meningkatkan keamanan dalam bertransaksi, mengurangi penggunaan uang tunai, serta meminimalisir potensi fraud dari transaksi dengan uang cash," kata Budi Santosa di Pangkalan Bun, Selasa.

Resminya kartu kredit tersebut digunakan, dengan ditandai penyerahan secara simbolis KKPD oleh Pj Bupati Kobar kepada Plh Sekda Kobar Juni Gultom dan Kepala Perangkat Daerah penerima lainnya, yang dilaksanakan di aula Kantor Bupati Kotawaringin Barat.

Budi mengatakan, KKPD merupakan sarana pembayaran yang memungkinkan entitas pemerintah untuk melakukan pembelian atas belanja yang tercantum dalam APBD. Di mana kewajiban pembayaran oleh pemegang kartu diutamakan oleh bank penerbit KKPD dengan limit yang telah ditetapkan.

"Sementara Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) bertanggung jawab dalam melunasi pembayaran sesuai waktu yang telah disepakati," beber dia.

Dia menyampaikan, bahwa penggunaan KKPD tidak hanya sebagai sarana transaksi, namun juga sebagai langkah strategis dalam mengurangi idle cash yang biasanya terdapat dalam penggunaan uang persediaan.

Baca juga: Pemkab Kobar: Mulai 5 Januari 2024 Citilink layani penerbangan Pangkalan Bun-Jakarta

Selain itu, KKPD juga mendukung upaya mempermudah pembelian barang dan jasa melalui e-payment, sejalan dengan dukungan terhadap produk dalam negeri.

"Melalui KKPD, kami berharap dapat mendukung percepatan penggunaan produk dalam negeri serta memperkuat ekosistem e-payment dalam mendukung transaksi publik," kata Budi.

Pj Bupati Kobar itu pun berharap KKPD dapat menjadi strategi penting dalam mengoptimalkan pengelolaan keuangan daerah, menjaga keamanan transaksi, dan memperkuat perekonomian lokal dengan mendorong penggunaan produk dalam negeri. 

Baca juga: DLH Kobar siapkan sembilan truk mengantisipasi sampah perayaan pergantian tahun

Baca juga: Dishub Kobar tingkatkan sosialisasi keselamatan kepada penyedia jasa angkutan sungai

Baca juga: Pj Bupati ajak masyarakat Kobar terlibat aktif ciptakan suasana kondusif jelang Nataru