Bunda PAUD diminta pacu pemerataan akses layanan di Kapuas

id pemkab kapuas, bunda paud kapuas, pendidikan anak usia dini, kuala kapuas

Bunda PAUD diminta pacu pemerataan akses layanan di Kapuas

Pj Ketua Bunda PAUD KapuasĀ Agustina Erlin Hardi menyerahkan piala kepada pemenang lomba dalam acara Apresiasi Bunda Paud tingkat kecamatan, kelurahan dan desa, Senin (22/7/2024). (ANTARA/HO-Diskominfistatik Kapuas)

Kuala Kapuas (ANTARA) -
Bunda PAUD di Kabupaten Kapuas, Kalimantan Tengah terus berupaya meningkatkan partisipasi dalam mendukung kemajuan serta perkembangan sektor pendidikan anak usia dini.

“Peran Bunda PAUD sangatlah penting guna menggerakkan segenap komponen dan sumber daya yang ada di setiap wilayah. Maka dari itu, peran Bunda PAUD harus lebih ditingkatkan,” kata Penjabat (Pj) Ketua Bunda Paud Kapuas Agustina Erlin Hardi di Kuala Kapuas, Senin.

Dia meminta agar para Bunda PAUD baik tingkat kecamatan, kelurahan dan desa terus membantu dalam memacu kualitas perluasan dan pemerataan akses layanan PAUD di wilayah masing-masing.
 
Hal itu dia sampaikan saat memberi sambutan pada penutupan Apresiasi Bunda PAUD tingkat kecamatan, kelurahan dan desa Kabupaten Kapuas 2024.
 
Menurutnya, Bunda PAUD merupakan sebuah kedudukan sukarela yang dilandasi dengan rasa cinta dan kasih sayang, sehingga dapat menjadi lokomotif untuk mendorong segenap elemen masyarakat.
 
Dikatakannya, tujuan diadakan Apresiasi Bunda PAUD adalah mendorong penguatan layanan pendidikan anak usia dini (PAUD) yang berkualitas, serta melihat sejauh mana keterlibatan Bunda PAUD di kecamatan, kelurahan maupun desa dalam meningkatkan kualitas perluasan dan pemerataan akses layanan.

Baca juga: RPJPD Kapuas 2025-2045 diharap mampu selesaikan permasalahan daerah
 
Selain itu, diadakannya lomba paparan materi Bunda PAUD bertujuan menyeleksi para Bunda PAUD yang mana selanjutnya akan mengikuti lomba Apresiasi Bunda PAUD tingkat provinsi di Palangka Raya.
 
"Saya berharap agar kiranya Bunda-Bunda PAUD kecamatan, kelurahan, dan desa dapat menjadikan Apresiasi Bunda PAUD ini sebagai agenda kegiatan tahunan dan dapat mewakili Kapuas pada tingkat provinsi hingga nasional, serta dapat melakukan kolaborasi dengan dinas terkait di kecamatan masing-masing,” harapnya.
 
Sementara itu, perwakilan Ketua Pokja Bunda PAUD Kalteng Rosmita yang juga berperan sebagai juri lomba mengatakan, sangat mengapresiasi setinggi-tingginya kepada para Bunda PAUD yang ada di kabupaten setempat, seraya memberi pesan kepada para pemenang yang akan berlomba di tingkat provinsi agar dapat sungguh-sungguh mempersiapkan segala materi yang akan ditampilkan.
 
“Lomba Paparan Materi Bunda PAUD ini diikuti oleh tujuh perwakilan dari masing-masing kecamatan dan kelurahan, dengan mengusung tema transisi PAUD ke SD yang menyenangkan,” demikian Rosmita.

Baca juga: DPMD Kapuas apresiasi Pemdes Sei Tatas Hilir peduli terhadap seni dan budaya

Baca juga: DPMD Kapuas apresiasi pelatihan jurnalistik desa

Baca juga: Disarpustaka Kapuas perkenalkan pojok baca digital kepada murid TK