Disnaker Palangka Raya luncurkan layanan Digipark

id Dinas Tenaga kerja Palangka Raya, Disnaker Kota Palangka Raya, Provinsi Kalimantan Tengah, Kalteng, Palangka Raya

Disnaker Palangka Raya luncurkan layanan Digipark

Palangka Raya integrasikan layanan ketenagakerjaan berbasis digital. ANTARA/Rendhik Andika.

Palangka Raya (ANTARA) - Dinas Tenaga kerja (Disnaker) Kota Palangka Raya, Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng), meluncurkan layanan berbasis website dan aplikasi Digital Palangka Raya Ketenagakerjaan (Digipark).

"Layanan ini kami satukan melalui website dan aplikasi Digital Palangka Raya Ketenagakerjaan (Digipark)," kata Kepala Disnaker Palangka Raya Amandus di ruang Command Centre Palangka Raya, Kamis.

Adapun sembilan jenis layanan ketenagakerjaan ini adalah layanan konsultasi, pelatihan dan pemagangan, Klaim Jaminan Hari Tua (JHT), Pengesahan Peraturan Perusahaan, Laporan Pemutusan Hubungan Kerja (PHK), pelaporan lowongan pekerjaan, pelaporan penempatan kerja, permintaan tenaga kerja dan informasi data ketenagakerjaan.

"Seluruh informasi bisa diakses masyarakat ataupun perusahaan dengan mengakses laman website digipark.palangkaraya.go.id secara bebas," beber Amandus.

Dia menambahkan, layanan ketenagakerjaan digital ini juga untuk meningkatkan keterbukaan layanan sehingga semakin efektif dan efisien dalam dunia ketenagakerjaan di Kota Palangka Raya.

"Ini juga untuk mendukung dan melaksanakan pelaksanaan Pemerintahan Berbasis elektronik di lingkup Pemerintah Kota Palangka Raya dalam hal ini Disnaker," tandas Amandus.

Sementara itu, Plt Sekda Kota Palangka Raya Achmad Zaini menambahkan, sebagai ibu kota Provinsi Kalteng, Palangka Raya memiliki potensi besar dalam pertumbuhan ekonomi dan penyerapan tenaga kerja.

Namun, tantangan dalam distribusi informasi tentang peluang kesempatan kerja dan pelatihan kerja serta pemberian layanan ketenagakerjaan dalam mekanisme digital masih menjadi kendala yang dihadapi oleh Dinas Tenaga Kerja Kota Palangka Raya.

"Dalam rangka mengatasi permasalahan tersebut, pengembangan Sistem Informasi Website dan Mobile Digital Palangka Raya Ketenagakerjaan atau Digipark menjadi solusinya," kata Zaini.

Baca juga: Dinas Pertanian Palangka Raya antisipasi kebakaran lahan pertanian

Dia mengatakan, Digipark juga menjadi solusi inovatif yang menyediakan akses mudah kepada seluruh lapisan masyarakat terkait informasi peluang kerja, pelatihan, pemagangan dan layanan ketenagakerjaan lainnya secara digital kepada perusahaan atau pelaku usaha.

Melalui kemudahan informasi dan akses pasar kerja diharapkan dapat mendorong partisipasi angkatan kerja khususnya para pencari kerja, hingga mengoptimalkan penyerapan tenaga kerja dalam rangka menekan angka pengangguran terbuka di Kota Palangka Raya.

Zaini menambahkan, dengan perkembangan teknologi dan perubahan dalam dunia kerja menuntut adaptasi dan peningkatan keterampilan dalam memberikan pelayanan ketenagakerjaan yang efektif dan efisien serta berkelanjutan.

Untuk itu, layanan ini juga menjadi kunci  memastikan bahwa Pemerintah Kota Palangka Raya bersama sektor swasta dan masyarakat, selalu siap menghadapi tantangan masa depan.

"Melalui Digipark ini Disnaker Palangka Raya dapat lebih efektif dalam menjangkau masyarakat luas dalam upaya meningkatkan keterampilan tenaga kerja, dan mempercepat penempatan tenaga kerja di berbagai sektor," demikian Zaini.

Baca juga: BPBD Palangka Raya sambangi sekolah untuk sosialisasikan mitigasi bencana

Baca juga: Kendalikan inflasi, Pemerintah Kota Palangka Raya optimalkan komoditas cabai

Baca juga: Pelajar di Palangka Raya diminta kurangi konsumsi makanan mengandung pengawet di sekolah