Pemkot Palangka Raya dan Politeknik Kendal kerja sama bidang industri melalui beasiswa

id Pemkot Palangka Raya ,Kendal ,Kalteng,Beasiswa ,DPKUKMP Kota Palangka Raya ,Politeknik Industri Furnitur dan Pengolahan Kayu

Pemkot Palangka Raya dan Politeknik Kendal kerja sama bidang industri melalui beasiswa

Plh Sekda Kota Palangka Raya Albert Toembak (enam dari kiri) menerima cinderamata dari  Direktur Politeknik Industri Furnitur dan Pengolahan Kayu Kendal, Peni Shoffiyati saat melaksanakan PKS dengan pemkot setempat terkait beasiswa pendidikan untuk 25 putra putri Kota Palangka Raya yang dilaksanakan di kantor Wali Kota Palangka Raya, Rabu (11/9/2024). ANTARA/Dokumentasi pribadi  

Palangka Raya (ANTARA) - Pemerintah kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah bersama Politeknik Industri Furnitur dan Pengolahan Kayu Kabupaten Kendal, Provinsi Jawa Tengah melakukan kerja sama untuk mengembangkan industri di bidang tersebut melalui jalur beasiswa yang disediakan pemerintah setempat.

Pelaksana Harian Sekretaris Daerah (Sekda) Albert Toembak di Palangka Raya, Rabu, mengatakan kerja sama ini ditandai dengan melakukan Perjanjian Kerja Sama (PKS) tentang pemberian beasiswa pendidikan yang dilaksanakan oleh Dinas Perdagangan Koperasi Usaha Kecil Menengah dan Perindustrian (DPKUKMP) Kota Palangka Raya.

"PKS ini lanjutan dari Kesepakatan bersama yang telah dibuat oleh Pemkot Palangka Raya dan Politeknik Industri Furnitur dan Pengolahan Kayu Kendal pada 18 Juli 2024 lalu," kata Albert.

Dia menuturkan, pemberian beasiswa terhadap 25 putra dan putri yang ada di Kota Palangka Raya tersebut tidak lain agar daerah setempat nantinya dapat mengembangkan industri furnitur dengan kualitas yang bagus.

Apalagi hasil kayu di daerah setempat juga cukup banyak, sehingga perlu perlu dikembangkan dan hasilnya nanti bisa dijual baik di daerah lokal maupun ke luar negeri.

"Daerah kita ini tentunya didukung oleh bahan bakunya dalam pengelolaan industri furnitur. Apalagi permintaan furnitur di tingkat lokal dan regional Kalimantan juga cukup tinggi. kemudian peluang untuk menyuplai furnitur ke Ibu Kota Nusantara (IKN) juga sangat terbuka lebar," katanya.

Baca juga: Anggota DPRD Palangka Raya periode 2024-2029 jalani orientasi

Albert juga berharap, dengan adanya kerja sama ini dapat menciptakan lapangan pekerjaan baru dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat yang bermukim di Ibu Kota Provinsi Kalteng itu sendiri.

"Pemkot juga berkomitmen untuk memberikan kesempatan kepada putra dan putri di Palangka Raya untuk mengembangkan diri melalui pendidikan berbasis beasiswa yang telah pemkot setempat sediakan," ungkap Albert.

Sementara itu, Direktur Politeknik Industri Furnitur dan Pengolahan Kayu Kendal, Peni Shoffiyati, menuturkan rasa terima kasihnya atas kepercayaan yang diberikan oleh Pemkot Palangka Raya kepada politeknik yang dirinya pimpin.

Menurut Shoffiyati, politeknik yang berada di bawah naungan Kementerian Perindustrian tersebut siap memberikan pendidikan terbaik bagi para mahasiswa dari Kota Palangka Raya.

"Tentunya kami berkomitmen untuk mencetak SDM yang kompeten di bidang furnitur dan pengolahan kayu. Harapan kami, putra dan putri Kota Palangka Raya dapat menyelesaikan studi mereka tepat waktu dan siap mengembangkan industri furnitur di daerahnya," demikian Shoffiyati.

Baca juga: Pemerintah harapkan DSI turut tuntaskan sengketa tanah

Baca juga: Palangka Raya perkuat perlindungan hak anak dari eksploitasi

Baca juga: Atlet Dansa sumbang medali pertama untuk Kalteng di PON 2024