PT SLK komitmen bantu penuhi hak masyarakat atas layanan kesehatan

id pt slk, pt sks listrik kalimantan, perusahaan listrik kalteng, csr kalteng, kalimantan tengah, gunung mas, stunting, pelayanan dasar masyarakat Oleh Muhammad Arif Hidayat

PT SLK komitmen bantu penuhi hak masyarakat atas layanan kesehatan

Salah satu pelaksanaan kegiatan PT SLK dalam mendukung pembangunan di bidang kesehatan di wilayah Kalimantan Tengah. (ANTARA/HO-PT SLK)

Palangka Raya (ANTARA) -
PT SKS Listrik Kalimantan (SLK) merupakan perusahaan penyedia tenaga listrik yang mengoperasikan IPP PLTU Kalteng-1 berkapasitas 2 x 100 MW di Tumbang Kajuei, Kecamatan Rungan, Kabupaten Gunung Mas, Kalimantan Tengah.
 
Selama ini PT SLK selalu eksis dan konsisten berpartisipasi dalam berbagai kegiatan pembangunan daerah pada berbagai sektor, mulai dari kesehatan, pendidikan, ekonomi, budaya, serta lainnya. Partisipasi aktif PT SLK diwujudkan melalui Program Tanggung Jawab Sosial Perusahaan atau Corporate Social Responsibility (CSR) yang mereka miliki.
 
Salah satu yang menjadi perhatian utama PT SLK adalah bidang kesehatan, yakni dengan membantu memenuhi berbagai kebutuhan masyarakat terutama di sekitar area kerja perusahaan. Bidang kesehatan dinilai sangat penting karena merupakan salah satu kebutuhan dasar utama masyarakat.
 
Melalui pelaksanaan berbagai program dan kegiatan yang mendukung pembangunan bidang kesehatan di Kalimantan Tengah, PT SLK hadir di tengah masyarakat. Hal ini PT SLK lakukan karena pemenuhan kebutuhan masyarakat ataupun pembangunan daerah tak hanya menjadi tanggungjawab pemerintah saja, namun juga pihak lainnya termasuk dunia usaha.
 
Selama ini program-program di bidang kesehatan yang dijalankan PT SLK meliputi berbagai sasaran masyarakat, tak hanya terbatas pada kelompok usia tertentu, namun menyasar semua, baik bayi atau balita, anak-anak, hingga dewasa maupun kaum lanjut usia atau lansia. PT SLK menilai seluruh masyarakat memiliki hak yang sama dalam hal kesehatan, oleh karenanya PT SLK berupaya secara maksimal hadir dan berpartisipasi dalam pembangunan daerah.
 
Percepatan Penurunan Stunting
 
Salah satu fokus yang dimiliki PT SLK adalah membantu upaya percepatan penurunan stunting atau masalah gangguan pertumbuhan. Stunting diketahui bersama merupakan isu nasional, bahkan pemerintah pusat telah menetapkan percepatan penurunan stunting sebagai salah satu program prioritas.
 
Oleh karenanya mulai dari pemerintah pusat hingga ke daerah, baik provinsi, kabupaten/kota, kecamatan, maupun desa/kelurahan sangat fokus dalam percepatan penurunan stunting. Selama ini PT SLK hadir dan mendukung kader-kader pos layanan terpadu atau posyandu dalam memberikan pelayanan secara maksimal kepada masyarakat.
Salah satu pelaksanaan kegiatan PT SLK dalam mendukung pembangunan di bidang kesehatan di wilayah Kalimantan Tengah. (ANTARA/HO-PT SLK)
 
Langkah ini dinilai sangat strategis, mengingat peran posyandu sangatlah penting sebagai salah satu garda terdepan dalam upaya pencegahan maupun penanggulangan stunting. Berbagai posyandu secara aktif dan rutin didukung PT SLK, di antaranya Posyandu Baras Manyang Desa Luwuk Lengkuas, posyandu di Desa Tumbang Kajuei, hingga posyandu di Desa Trans SP 1 Tumbang Kajuei.
 
Dalam partisipasinya, banyak hal yang dilakukan PT SLK untuk mendukung kader posyandu maupun anak-anak serta para ibu yang hadir mengikuti pelayanan kesehatan. Mulai dari membantu menyediakan berbagai makanan tambahan, pemenuhan gizi seimbang, hingga menghadirkan tenaga kesehatan.
 
Selanjutnya PT SLK juga memprakarsai gerakan pemberdayaan kader-kader posyandu pada sejumlah desa di Kabupaten Gunung Mas. Yakni melalui kegiatan capacity building atau peningkatan kapasitas terhadap 50 orang kader posyandu yang berasal dari berbagai desa.

Kegiatan ini bertujuan memberi pemahaman pentingnya kemampuan kader dalam upaya pemberantasan stunting. PT SLK menjadi inisiator dalam kegiatan ini, lantaran sebelumnya para kader posyandu di daerah setempat belum pernah menerima perhatian seperti itu menyesuaikan kebutuhan di lapangan.
 
PT SLK berupaya maksimal berpartisipasi membantu dalam pembangunan daerah. Melalui kegiatan ini pula, mereka ingin pihak lain tergerak melaksanakan pemberdayaan-pemberdayaan yang diperlukan masyarakat. Ragam kegiatan pemberdayaan ini sekaligus sebagai bentuk nyata partisipasi PT SLK dalam upaya penyiapan generasi sehat sebagai penerus estafet pembangunan di masa mendatang.
 
Saat ini Indonesia sedang menghadapi bonus demografi yakni penduduk usia produktif akan lebih besar dibanding usia nonproduktif. Maka PT SLK pun mengajak semua pihak untuk bersama-sama mampu mempersiapkan generasi yang sehat untuk mendukung pembangunan agar semakin optimal.
 
Aktif Sediakan Layanan Pengobatan Gratis
 
PT SLK juga secara aktif dan berkala menyediakan pelayanan kesehatan pengobatan gratis bagi masyarakat, terutama di wilayah perdesaan yang cukup jauh dari perkotaaan. Melalui penyediaan layanan dengan sistem 'jemput bola' seperti ini, diharap banyak masyarakat terbantu, terutama bagi para kaum lansia di perdesaan yang cukup kesulitan jika harus menempuh perjalanan.
 
Biasanya PT SLK akan menghadirkan tenaga kesehatan ataupun tenaga medis yang cukup dalam setiap kegiatan pelayanan kesehatannya, mulai dari dokter serta lainnya.
Salah satu pelaksanaan kegiatan PT SLK dalam mendukung pembangunan di bidang kesehatan di wilayah Kalimantan Tengah. (ANTARA/HO-PT SLK)
 
Selama ini pun, dalam setiap pelayanan pengobatan gratis yang PT SLK gelar, selalu mendapat respon positif dari masyarakat yang memeriksakan dirinya, baik untuk melakukan pemeriksaan gula darah, kolestrol, asam urat, maupun keluhan kesehatan lainnya.
 
Tak hanya itu, PT SLK juga aktif mendatangi sekolah-sekolah bekerja sama dengan penyedia layanan kesehatan melakukan edukasi seputar kesehatan sejak dini bagi para siswa. Salah satu yang dilakukan yakni dengan melaksanakan kegiatan edukatif kepada peserta didik, adalah menjaga kesehatan gigi dan mulut pada anak.
 
Bersama para siswa, dilakukan praktik langsung bersama peserta didik melaksanakan sikat gigi bersama. Kendati hal ini tampak sederhana, namun sangatlah penting diketahui dan dilakukan oleh anak-anak. Sebab kesehatan akan menjadi bekal untuk anak-anak di masa mendatang.

PT SLK berkomitmen untuk tetap dan akan terus melaksanakan ragam program serta kegiatan yang mendukung pembangunan kesehatan di Kalimantan Tengah. Melalui partisipasi ini, mereka berharap layanan kesehatan bagi masyarakat dapat senantiasa terpenuhi dan membantu mereka yang mengalami kesulitan.