PKK Gumas ajak masyarakat jadikan pekarangan rumah sumber gizi

id PKK Gumas,gunung mas, rumah sumber gizi,PKK Gumas ajak masyarakat jadikan pekarangan rumah sumber gizi

PKK Gumas ajak masyarakat jadikan pekarangan rumah sumber gizi

Ketua TP PKK Kabupaten Gumas Mimie Mariatie Jaya S Monong (kanan kedua) didampingi Bupati Gumas Jaya S Monong (kanan) menyerahkan bantuan sarprodi pertanian kepada TP PKK di Kecamatan Mihing Raya dan Sepang. (ANTARA/Chandra)

Kuala Kurun (ANTARA) - Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga Kabupaten Gunung Mas, Kalimantan Tengah Mimie Mariatie Jaya S Monong mengajak masyarakat agar menjadikan pekarangan rumah sebagai sumber gizi.

Caranya adalah dengan menanam sayur mayur, buah-buahan, dan umbi-umbian yang mengandung gizi, serta beternak dan memelihara ikan di kolam sekitar rumah, kata Mimie saat dihubungi dari Kuala Kurun, Jumat.

“Dengan demikian, saya harap masyarakat mampu memenuhi asupan gizi secara mandiri dari berbagai tanaman dan dari ternak yang dipelihara di pekarangan rumah,” ucap istri dari Bupati Gumas Jaya S Monong ini.

Baca juga: Dukcapil Gumas gunakan barcode cegah pemalsuan adminduk

Dia menyebut, asupan gizi seimbang sangat penting bagi siapa saja. Bagi ibu hamil dan anak, asupan gizi seimbang bermanfaat untuk mencegah stunting atau gagal tumbuh pada balita akibat kekurangan gizi.

Asupan gizi seimbang bahkan harus dimulai sejak hari pertama kehamilan, kelahiran bayi, hingga anak berusia dua tahun atau pada periode 1.000 Hari Pertama Kehidupan (HPK) manusia.

Oleh sebab itu, ujar dia, masyarakat hendaknya menjadikan pekarangan rumah sebagai sumber gizi. Selain bermanfaat dari sisi kesehatan, masyarakat juga dapat berhemat karena tidak perlu membeli.

Lebih lanjut, saat ini TP PKK Kabupaten Gumas terus mendorong dasa wisma agar menjadi contoh bagi masyarakat sekitar dalam memanfaatkan pekarangan rumah, melalui program Halaman Asri Teratur Indah dan Nyaman atau Hatinya PKK.

Baca juga: Polri diyakini mampu menjawab tantangan di era modern ini

“Secara umum, program Hatinya PKK memiliki tujuan untuk menciptakan halaman rumah yang rindang dan tertata rapi, serta memiliki manfaat dalam memenuhi kebutuhan keluarga sehari-hari,” tuturnya.

Agar dasa wisma dapat menjalankan program Hatinya PKK, Ketua TP PKK bersama Bupati Gumas Jaya S Monong telah menyalurkan bantuan sarana produksi pertanian kepada TP PKK di Kecamatan Mihing Raya dan Sepang.

Bantuan sarana produksi pertanian yang disalurkan diantaranya adalah pupuk kandang, insektisida, dan alat semprot. Untuk anggarannya berasal dari dana pribadi Ketua TP PKK dan Bupati Gumas.

Disamping itu, sambung dia, TP PKK Kabupaten Gumas juga memberi bantuan benih tanaman kepada dasa wisma yang menjadi lokus stunting di kabupaten bermotto Habangkalan Penyang Karuhei Tatau.

“Untuk bantuan benih sayur sudah disalurkan ke dasa wisma di Desa Teluk Nyatu dan Kelurahan Tampang Tumbang Anjir, Kecamatan Kurun serta Desa Bereng Jun, Kecamatan Manuhing,” demikian Mimie.

Baca juga: Kapolres Gumas: Kami tetap berharap adanya koreksi

Baca juga: Gunung Mas masih datangkan beras dari daerah lain

Baca juga: Seorang PAW PKD di Gumas dilantik secara virtual

Pewarta :
Uploader : Admin Kalteng
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar