Gunung Mas terus berupaya percepat vaksinasi COVID-19

id Gunung Mas,vaksin covid,Kalimantan Tengah, Evelnie,Gunung Mas terus berupaya percepat vaksinasi COVID-19

Gunung Mas terus berupaya percepat vaksinasi COVID-19

Bupati Gumas Jaya S Monong menyerahkan hadiah door prize kepada masyarakat yang beruntung, saat vaksinasi massal COVID-19 di Taman Kota Kuala Kurun, Jumat (19/11/2021). (ANTARA/HO-Diskominfosantik Gumas)

Kuala Kurun (ANTARA) - Pelaksana Tugas Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Gunung Mas, Kalimantan Tengah, Evelnie mengatakan pihaknya terus berupaya mempercepat vaksinasi COVID-19 kepada masyarakat, demi membentuk herd immunity atau kekebalan kelompok.

“Berbagai cara dilakukan oleh tenaga kesehatan di pusat kesehatan masyarakat demi mempercepat pelaksanaan vaksinasi COVID-19 kepada masyarakat,” ucapnya saat awak media dihubungi dari Kuala Kurun, Minggu.

Bahkan terkadang puskesmas dibantu berbagai pihak menyiapkan door prize demi menarik minat masyarakat agar mau mengikuti vaksinasi COVID-19, seperti yang dilakukan oleh Puskesmas Kurun saat pelaksanaan vaksinasi massal COVID-19 di Taman Kota Kuala Kurun, Jumat (19/11) lalu.

Vaksinasi massal COVID-19 akan kembali dilakukan Puskesmas Kurun di Kurun seberang pada Senin (22/11). Vaksinasi massal ini juga diwarnai dengan door prize, demi menarik minat masyarakat.

Baca juga: DPRD Gunung Mas minta Dinkes antisipasi ancaman DBD

Saat ini, ujar dia, puskesmas juga gencar melakukan jemput bola langsung ke desa-desa untuk memberikan pelayanan vaksinasi. Dengan adanya layanan jemput bola, diharap target vaksinasi dapat segera terpenuhi.

Dikatakan olehnya, target vaksinasi di kabupaten bermoto ‘Habangkalan Penyang Karuhei Tatau’ secara keseluruhan berjumlah 101.495 orang yang tersebar di 12 kecamatan, 114 desa dan 13 kelurahan.

Hingga 21 November 2021, capaian vaksinasi dosis pertama adalah 49,27 persen dan capaian dosis kedua 27,22 persen. Ditargetkan pada 30 November 2021 nanti capaian vaksinasi bisa di angka 54 persen.

“Kami akan terus berupaya melakukan percepatan vaksinasi kepada masyarakat sampai dengan akhir tahun, hingga mencapai target bisa di angka 70 persen. Itu demi membentuk kekebalan kelompok,” kata Evelnie.

Sebelumnya, Bupati Gumas Jaya S Monong mengimbau masyarakat agar tidak ragu untuk mengikuti vaksinasi, karena vaksin terbukti aman dan dinyatakan halal. Dia sendiri sudah divaksin dan hingga saat ini baik-baik saja.

“Yang penting masyarakat harus jujur dan terbuka saat menjalani pemeriksaan kesehatan, sebelum disuntik vaksin. Jika belum bisa disuntik vaksin, nantinya puskesmas akan mengeluarkan surat keterangan,” demikian Jaya.

Baca juga: Kepercayaan masyarakat Gumas kepada kaum perempuan semakin meningkat

Baca juga: Legislator Gumas berharap capaian prestasi FTIK meningkat

Baca juga: DPRD Gumas berharap PKD bisa lestarikan semangat gotong royong

Pewarta :
Uploader : Admin Kalteng
COPYRIGHT © ANTARA 2021