Pemkab Sukamara targetkan vaksinasi COVID-19 capai seratus persen

id Pemkab Sukamara targetkan vaksinasi COVID-19 capai seratus persen, kalteng, Sukamara, windu Subagio

Pemkab Sukamara targetkan vaksinasi COVID-19 capai seratus persen

Bupati Sukamara Windu Subagio saat memimpin rapat satgas COVID-19 bersama Forkopimda di aula Kantor Bupati Sukamara, Rabu (09/02/2022). ANTARA/Donefrid Lalang

Sukamara (ANTARA) - Bupati Sukamara Windu Subagio mengatakan, Satgas Penanganan COVID-19 bersama Forkopimda membahas penanganan meningkatnya kasus COVID-19, terutama dengan vaksinasi hingga seratus persen. 

“Varian Omicron saat ini memang terus mengalami peningkatan di wilayah Indonesia, bahkan sudah memasuki Kalteng. Jadi, berbagai pesan yang disampaikan kepada kita oleh Bapak Presiden, Bapak Gubernur dan lainnya saat rapat, juga kami sampaikan kepada jajaran pimpinan di Kabupaten Sukamara,” ucapnya, Rabu. 

Menurutnya, dalam penanganan COVID-19 di wilayah setempat ada dua hal yang memang perlu ditekankan untuk menghindari penyebaran virus dengan varian apapun yakni, untuk vaksinasi harus mencapai seratus persen dan penggunaan masker harus terus digalakkan.

“Protokol kesehatan harus benar-benar disiplin dijalankan secara ketat dan penggunaan masker wajib dilakukan setiap saat. Oleh karena itu merupakan hal utama yang harus dilaksanakan oleh semua lapisan masyarakat tanpa terkecuali,” imbuhnya.

Dua hal tersebut yang memang harus ditekankan saat ini, guna menjaga masyarakat dari penyebaran COVID-19 dengan varian apapun. Selain itu, dia mengajak semua pihak untuk dapat bersama-sama disiplin protokol kesehatan, sehingga dapat terhindar dari COVID-19. 

Baca juga: Pembangunan lima klaster shrimp estate dilakukan bertahap

Di tempat sama, Kepala Dinas Kesehatan Sukamara Ari Jumita menjelaskan, untuk perkembangan kasus COVID-19 di Kabupaten Sukamara hingga saat ini terkonfirmasi ada dua orang pasien yang terpapar dengan kondisi tanpa gejala. Kedua pasien melakukan isolasi mandiri dengan pantauan secara berkala.

“Kondisi kedua pasien saat ini masih sangat baik dan tanpa ada gejala. Dari kedua pasien ini, salah satunya terpapar akibat kontak erat dengan pasien sebelumnya. Jadi tidak ada yang kontak dari luar daerah,” ungkapnya.

Untuk capaian vaksinasi hingga saat ini sudah berada di 100,94 persen. Jadi, saat ini kita fokuskan lagi untuk vaksinasi usia 6-11 tahun. Selanjutnya, untuk capaian vaksinasi booster sudah berada di 4,94 persen.

“Alhamdulillah, untuk kedua pasien saat ini tidak menunjukkan adanya gejala ke arah Omicron, karena kedua pasien ini kasus aktifnya tanpa gejala. Diketahui saat hendak melakukan perjalanan dan diketahui hanya melakukan vaksinasi satu kali dan dilakukan tes PCR ternyata positif,” demikian Ari Jumita.

Baca juga: Satlantas Polres Sukamara ingatkan masyarakat disiplin prokes

Baca juga: Polres Sukamara gencar tertibkan knalpot brong

Baca juga: Bupati Sukamara harapkan Wisata Bukit Jalungga terus dikembangkan