Pembukaan Porkab Kotim meriah, bupati janjikan Porprov lebih meriah

id Pembukaan Porkab Kotim meriah, bupati janjikan Porprov lebih meriah, Kalteng, Sampit, kotim, bupati kotim, Halikinnor, porkab kotim, porprov Kalteng

Pembukaan Porkab Kotim meriah, bupati janjikan Porprov lebih meriah

Bupati Halikinnor dan Wakil Bupati Irawati menyalakan obor menandai dibukanya Porkab Kotawaringin Timur 2022 saat pembukaan di Stadion 29 November Sampit, Sabtu (4/6/2022) malam. ANTARA/Norjani

Sampit (ANTARA) - Pembukaan Pekan Olahraga Kabupaten (Porkab) Kotawaringin Timur berlangsung meriah dan suasana lebih meriah lagi akan disajikan saat pembukaan Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Kalimantan Tengah di Sampit pada 2023 nanti. 

"Saya menilai acara malam ini sukses luar biasa. Ini di luar ekspektasi awal saya. Saya sangat tidak menyangka sampai semeriah ini. Nanti saat Porprov 2023 di Sampit harus lebih meriah," ujar Bupati Halikinnor usai membuka Porkab, Sabtu malam. 

Pembukaan Porkab Kotawaringin Timur 2023 dilaksanakan di Stadion 29 November Sampit. Pembukaan ditandai penyalaan obor Porkab oleh Bupati Halikinnor dan Wakil Bupati Irawati didampingi unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah setempat. 

Acara berlangsung meriah diikuti sekitar 2000 peserta yang berasal dari 17 kecamatan. Selain itu, ribuan warga turut hadir menyaksikan pembukaan Porkab. 

Masyarakat sangat antusias karena event ini terakhir kali digelar pada 1987 silam, sehingga wajar jika masyarakat sangat merindukan event ini. Panitia menyediakan dua layar besar di sisi kiri dan kanan panggung sehingga penonton dari tribun utama pun bisa menyaksikan detik-detik penyalaan obor menandai dibukanya Porkab Kotawaringin Timur 2022.

Kasus penularan COVID-19 yang saat ini tidak ditemukan di Kotawaringin Timur, membuat acara sebesar ini bisa dilaksanakan. Acara diisi diwarnai kembang api serta hiburan musik dangdut, membuat suasana semakin meriah dan membuat penonton ikut larut dalam kegembiraan. 

Baca juga: Seorang pemilik losmen di Sampit diduga jadi korban pembunuhan

Menurut Halikinnor, kesuksesan ini menjadi bukti motto daerah ini yaitu "habaring hurung" yang berarti bergotong-royong sehingga acara bisa sukses. Bagi atlet-atlet yang terjaring dalam Porkab ini diminta giat berlatih karena akan diandalkan mewakili Kotawaringin Timur pada ajang Porprov. 

"Ini awal yang baik untuk kita menuju Porprov Kalteng. Kita bertekad meraih sukses ganda pada Porprov nanti, yaitu sukses sebagai penyelenggara yang baik, serta sukses menjadi juara umum Porprov Kalteng 2023 nanti," harap Halikinnor. 

Ketua KONI Kotawaringin Timur Ahyar Umar mengatakan, Porkab Kotawaringin Timur ini menjadi gambaran kecil dan menjadi bahan evaluasi bersama semua pihak dalam menghadapi Porprov Kalimantan Tengah pada 2023 nanti. 

"Kami sangat berterima kasih kepada pemerintah daerah yang mendukung penuh kegiatan ini. Dan kami juga sangat berterima kasih kepada seluruh panitia yang telah bekerja keras sehingga acar sukses. Dan apresiasi kami sampaikan kepada seluruh kecamatan yang berpartisipasi secara maksimal dalam memeriahkan Porkab ini," kata Ahyar. 

Porkab Kotawaringin Timur 2022 yang mempertandingkan 14 cabang olahraga ini akan ditutup pada Selasa (7/6) nanti. Sejak sepekan terakhir sejumlah cabang olahraga telah memulai pertandingan lebih awal karena kompetisi yang memerlukan waktu cukup lama. 

Dia berharap hasil Porkab ini menjadi bahan evaluasi bersama untuk diperbaiki. Harapannya saat Porprov nanti, Kotawaringin Timur mampu menjadi tuan rumah yang sukses menjadi penyelenggara serta sukses menjadi juara umum Porprov Kalimantan Tengah 2023.

Baca juga: Puluhan pelaku usaha siap semarakkan Bazar UMKM Harati

Baca juga: Satu kelas panahan Porkab Kotim tidak dipertandingkan akibat kendala ini

Baca juga: Kadin Kotim umumkan secara terbuka Musda VII