Kegiatan Karsa Mandau disambut antusias pemohon paspor di Kobar

id Kegiatan Karsa Mandau disambut antusias pemohon paspor di Kobar, kalteng, Sampit, kotim, kobar, kotawaringin Timur, kotawaringin barat, imigrasi Sampi

Kegiatan Karsa Mandau disambut antusias pemohon paspor di Kobar

Pegawai Kantor Imigrasi Kelas II TPI Sampit dengan ramah melayani warga yang mengajukan permohonan paspor saat kegiatan Karsa Mandau di atrium Citimall Pangkalan Bun, Sabtu (22/10/2022) lalu. ANTARA/HO-Kanim Sampit

Sampit (ANTARA) - Kegiatan pelayanan publik Karsa Mandau atau Kantor Imigrasi Sampit Melayani Anda Dimanapun yang dilaksanakan di Citimall Pangkalan Bun Kabupaten Kotawaringin Barat, Kalimantan Tengah, Sabtu (22/10) lalu disambut antusias masyarakat yang hendak membuat paspor. 

"Kami sangat berterima kasih karena ini sangat memudahkan kami membuat paspor. Padahal ini akhir pekan atau hari libur, tapi petugas tetap memberikan pelayanan dan tempatnya juga di mal. Ini sangat menyenangkan," kata Fery, salah seorang pemohon paspor di Pangkalan Bun. 

Kegiatan Karsa Mandau dilaksanakan di Sabtu mulai pukul 10.00 samai pukul 16.00 WIB. Petugas dengan senang hati memberikan pelayanan kepada pengunjung mal yang datang, baik untuk berkonsultasi maupun mengajukan permohonan paspor. 

Warga sangat antusias karena merasa sangat terbantu. Pemohon paspor menyampaikan terima kasih atas layanan Karsa Mandau yang dapat memberikan kemudahan dalam proses permohonan yang dilaksanakan di ruang publik Citimall Pangkalan Bun pada hari libur dan berharap dapat dilaksanakan secara berkelanjutan.

Baca juga: Imigrasi Sampit siap berikan layanan prima penerbitan paspor RI berlaku 10 tahun

Kesempatan ini dimanfaatkan petugas untuk melakukan sosialisasi Peraturan Menteri Hukum dan HAM Republik Indonesia Nomor 18 Tahun 2022 Tentang Perubahan Atas Peraturan Menteri Hukum dan HAM RI Nomor 8 Tahun 2014 tentang Paspor Biasa dan Surat Perjalanan Laksana Paspor. 

Kegiatan Karsa Mandau diadakan dengan tetap mengedepankan standar protokol COVID-19. Pelayanan paspor yang diberikan adalah pelayanan permohonan paspor baru dan penggantian habis berlaku atau halaman penuh.
Pegawai Kantor Imigrasi Kelas II TPI Sampit memberikan sosialisasi kepada warga saat kegiatan Karsa Mandau di atrium Citimall Pangkalan Bun, Sabtu (22/10/2022) lalu. ANTARA/HO-Kanim Sampit

Kegiatan Karsa Mandau kali ini berhasil melayani 18 permohonan paspor. Permohonan itu terdiri 4 permohonan paspor baru yakni 1 laki-laki dan 3 perempuan, serta 14 penggantian paspor habis berlaku yakni 8 Laki-laki dan 6 perempuan.

Kepala Kantor Imigrasi Kelas II TPI Sampit, Bugie Kurniawan mengatakan, Karsa Mandau merupakan satu dari belasan inovasi yang mereka buat untuk memberikan kemudahan pelayanan keimigrasian bagi masyarakat. Tidak hanya pelayanan dengan sistem jemput bola, waktu pelayanan juga dilaksanakan saat hari libur sehingga bisa memudahkan bagi warga yang ada kesibukan. 

"Kami berkomitmen untuk memberikan pelayanan prima kepada masyarakat melalui berbagai inovasi atau terobosan tersebut. Kami berharap layanan tersebut bisa membantu masyarakat," harap Bugie Kurniawan, Selasa. 

Baca juga: Paspor masa berlaku 10 tahun diterbitkan mulai 12 Oktober 2022

Bugie Kurniawan mengatakan, bagi masyarakat yang tidak bisa datang di hari kerja dan atau tidak kebagian kuota, Kantor Imigrasi juga memiliki inovasi layanan yang dapat digunakan masyarakat. 

Inovasi tersebut diantaranya layanan di hari Sabtu dan Minggu (Layanan Simpatik), Eazy Passport, dan Karsa Mandau. Masyarakat dapat menghubungi melalui WA, Live Chat, dan media sosial resmi untuk menggunakan layanan tersebut.

Baca juga: Paspor kini berlaku 10 tahun, Imigrasi siapkan petunjuk teknis

Baca juga: Imigrasi Sampit gelar operasi gabungan awasi 71 TKA PT KPC