Kapuas raih juara umum FSQ XI Kalteng

id kapuas juara umum fsq XI kalteng, festival seni qasidah, syiar islam, sekda kalteng nuryakin, suwarno muriyat, kalimantan tengah

Kapuas raih juara umum FSQ XI Kalteng

Sekda Kalteng Nuryakin menyerahkan piala juara umum FSQ XI Provinsi kepada Ketua DPD Lasqi Kapuas Suwarno Muriyat, Palangka Raya, Senin (5/8/2024) malam. (ANTARA/HO-DPD Lasqi Kapuas)

Kuala Kapuas (ANTARA) -
DPD Lasqi Kabupaten Kapuas berhasil meraih juara umum pada Festival Seni Qasidah (FSQ) XI tingkat Provinsi Kalimantan Tengah pada 2024.
 
“Prestasi ini merupakan hasil dari kerja keras dan dedikasi para anggota Lasqi Kapuas dalam mengembangkan dan melestarikan seni qasidah di daerah,” kata Ketua DPD Lasqi Kapuas Suwarno Muriyat di Palangka Raya, Senin malam.
 
Kemenangan ini tak hanya membanggakan bagi DPD Lasqi kabupaten setempat, tetapi juga menjadi inspirasi bagi masyarakat untuk lebih mencintai dan melestarikan seni budaya Islam.
 
FSQ XI Kalteng diikuti oleh seluruh kabupaten dan kota di Kalteng. Festival ini merupakan ajang bergengsi yang menampilkan berbagai jenis seni qasidah, termasuk qasidah klasik, qasidah kontemporer, dan qasidah modern. Setiap peserta menunjukkan penampilan terbaik mereka dengan harapan dapat meraih gelar juara.
 
Keberhasilan DPD Lasqi Kapuas tak lepas dari persiapan yang matang dan latihan intensif yang dilakukan. Mereka bekerja keras untuk mengasah kemampuan vokal, musikalitas, dan koreografi agar dapat tampil maksimal di atas panggung.
 
“Selain itu, dukungan penuh dari pemerintah daerah dan masyarakat Kapuas turut menjadi faktor penentu dalam meraih kemenangan ini,” jelasnya.
 
Suwarno menyampaikan rasa syukur dan terima kasih kepada seluruh anggota tim, pelatih, serta semua pihak yang telah memberikan dukungan.

Ia juga berharap prestasi ini dapat menjadi motivasi bagi generasi muda untuk terus berkarya dan menjaga tradisi seni qasidah.

Baca juga: Berhasil kendalikan inflasi, Kalteng kembali terima insentif fiskal

Sekda Kalteng Nuryakin menyampaikan ucapan selamat kepada seluruh peserta yang telah menampilkan yang terbaik, khususnya kepada para juara yang telah terpilih, serta akan menjadi duta Kalteng di ajang Festival Seni Qasidah tingkat Nasional.
 
"Kami harap agar prestasi yang telah diraih dalam Festival Seni Qasidah ini dapat menjadi motivasi bagi kita semua untuk terus mengembangkan seni qasidah, sebagai media syiar Islam dan pengembangan potensi seniman di Kalteng," jelasnya.
 
Daftar peserta peraih juara Lasqi Kapuas dalam mengikuti FSQ IX Kalteng, di antaranya juara I bintang vokalis qasidah dewasa Putra M. Kamaluddin Abdi, juara I rebana qasidah klasik remaja putri Noor Alfisah dan lainnya.
 
Juara II bintang vokalis qasidah anak putra M. Andika Pratama, juara II bintang vokalis pop religi remaja putri Sri Fatimah, juara III bintang vokalis pop religi dewasa putra Muhammad Rezki Syahreza.
 
Kemudian, juara harapan I bintang vokalis pop religi anak putra Alviansyah, juara harapan I rebana qasidah remaja putra Hafiz Afiqri dan lainnya, dan harapan II bintang vokalis qasidah remaja putri Siti Ainun Jariyah.

Sementara itu, selain Kabupaten Kapuas yang berhasil meraih Juara Umum, yakni juara kedua Katingan, juara ketiga Palangka Raya, juara keempat Kotawaringin Barat dan juara kelima Lamandau.

Baca juga: Kalteng optimalkan poslap cegah hingga tangani karhutla

Baca juga: FSQ ke-11 lestarikan seni qasidah di Kalimantan Tengah

Baca juga: Sekda Kalteng: LKD Fatayat NU diharap lahirkan kader berwawasan Islam