Mura Expo diandalkan membantu promosi potensi daerah

id Penjabat Sekda sebutMura Expostrategis menampung potensi daerah, kalteng, mura, murung Raya, ekonomi

Mura Expo diandalkan membantu promosi potensi daerah

Pelepasan balon ke udara oleh Penjabat Sekda Murung Raya, Rudie Roy didampingi unsur Forkopimda sebagai tanda diresmikannya Mura Expo 2024 yang dilaksanakanĀ di Alun-alun Jorih Jerah Kota Puruk Cahu, Senin (12/8/2024). ANTARA/Supriadi

Puruk Cahu (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Murung Raya, Kalimantan Tengah kembali melaksanakan pameran pembangunan bertajuk Mura Expo 2024 di alun-alun Jorih Jerah Kota Puruk Cahu mulai 12 hingga 17 Agustus 2024.

“Dilaksanakan dengan jumlah peserta terdiri dari 10 kecamatan, 30 OPD, dua instansi vertikal dan satu lembaga. Disediakan juga 10 tenda untuk pengembangan pelaku UMKM lokal,” kata Sekretaris Dinas Koperasi UMKM, Perindustrian dan Perdagangan (Diskop UKM Perindag), Roy Cahyadi saat pembukaan Mura Expo di Puruk Cahu, Senin.

Dikatakan Roy, Mura Expo rutin dilaksanakan setiap tahun dalam rangka peringatan Hari Jadi Kabupaten Murung Raya ke-22 dan rangkaian Hari Kemerdekaan RI ke-79.

Tujuan Mura Expo untuk mempromosikan dan menyajikan informasi berbagai potensi sumber daya alam. Kegiatan ini juga sebagai media untuk memberikan informasi tentang pencapaian pembangunan, dan program yang sedang dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Murung Raya.

Sementara itu Penjabat Sekda Murung Raya, Rudie Roy sebelum membuka secara resmi kegiatan Mura Expo menyampaikan, tujuan lain kegiatan tersebut untuk mempromosikan hasil-hasil pelaksanaan pembangunan, baik dalam bidang pelayanan, pembinaan dan pelayanan masyarakat.

“Mura Expo merupakan event strategis menampung potensi daerah. Yang terpenting adalah sebagai sarana promosi antara tiga pilar pembangunan, yaitu pemerintah, swasta dan masyarakat sebagai pelaku usaha,” sebut Rudie.

Baca juga: Pasangan Akhmad Tafruji-Pujo Sarwono gugat keputusan KPU Mura ke PTUN

Tidak hanya itu, Rudie menjelaskan kegiatan itu sebagai salah satu sarana pemerintah menyampaikan informasi kepada seluruh masyarakat tentang kemajuan pembangunan yang sudah ada, sedang dilakukan dan akan dilakukan.

 Melalui Mura Expo seluruh lapisan masyarakat tahu dan memahami terhadap program pembangunan. Ajang ini juga bentuk kepedulian pemerintah daerah dalam menumbuhkan dan memberikan kesempatan kepada pelaku UMKM untuk meningkatkan ekonomi, baik bidang jasa perdagangan maupun jasa lainnya.

"Kelompok-kelompok perajin, seperti anyaman dari rotan, bahan baku lokal serta perajin lainnya agar dapat memanfaatkan kesempatan ini untuk mempromosikan hasil usahanya,” katanya lagi.

Rudie berharap agar seluruh pemangku kepentingan dapat memanfaatkan ajang ini dengan sebaik-baiknya dalam rangka mewujudkan ekonomi rakyat, khususnya bagi pelaku usaha kecil di Murung Raya.

“Ajang ini sangat memberikan dampak bagus dan penting  sehingga selalu dilaksanakan setiap tahun, bahkan di tahun berikutnya agar bisa ditingkatkan lagi untuk kapasitasnya,” demikian Rudie.

Baca juga: Sejumlah kepala dinas di Pemkab Mura mengalami pergantian

Baca juga: Lasqi Murung Raya targetkan gelar juara umum FSQ ke-11

Baca juga: Kecamatan Murung raih juara umum MTQ X Murung Raya