PWI Kalteng dukung Kongres Nasional Pemuda Katolik digelar di Palangka Raya

id Kongres pemuda katolik, kongres pemuda katolik di kalteng, Persatuan Wartawan Indonesia, Ketua PWI Kalimantan Tengah, M Zainal, PWI Kalimantan Tengah

PWI Kalteng dukung Kongres Nasional Pemuda Katolik digelar di Palangka Raya

Ketua dan Pengurus PWI Kalteng foto bersama usai bertemu dan berdialog dengan pengurus Komda Pemuda Katolik Kalteng di Palangka Raya, Kamis (3/10/2024). ANTARA/HO-PWI Kalteng.

Palangka Raya (ANTARA) - Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kalimantan Tengah M Zainal menyatakan bahwa pihaknya secara kelembagaan, sangat mendukung digelarnya Kongres Nasional XIX Pemuda Katolik pada tanggal 24-27 Oktober 2024 di Palangka Raya.

Kongres ini kesempatan yang baik untuk memperlihatkan kemajuan pembangunan dan keterbukaan serta keramahan masyarakat di provinsi ini,kata Zainal didampingi Wakil Ketua Bidang Kerjasama Karana Wijaya usai menerima kedatangan pengurus Pemuda Katolik Kalteng di sekretariat PWI Kalteng, Kamis.

"Tentunya juga lebih memperkenalkan kepada publik, terkhusus anggota dan pengurus Pemuda Katolik dari seluruh Indonesia, betapa toleransinya provinsi ini," ucapnya.

Selain itu, lanjut dia, kongres nasional Pemuda Katolik ini juga menjadi momentum yang sangat baik dalam meningkatkan pemahaman terkait falsafah Huma Betang, yang telah dianut masyarakat provinsi berjuluk Bumi Tambun Bungai-Bumi Pancasila ini sejak dahulu hingga saat ini.

"Falsafah huma betang ini memiliki keterkaitan dengan nilai-nilai keadaban kewarganegaraan, seperti halnya nilai gotong royong, kebersamaan, toleransi, rukun dan hidup berdampingan," kata Zainal.

Ketua PWI Kalteng itu pun berharap Kongres Nasional XIX Pemuda Katolik ini dapat menghasilkan keputusan-keputusan yang baik terhadap program kerja yang menyentuh kepada pembinaan umat beragama, hidup berdampingan dengan penganut agama lain. Termasuk, mengusulkan kepada pemerintah untuk merekrut guru agama bagi daerah-daerah terpencil, khususnya di provinsi ini, agar pembinaan umat betul-betul terlaksana sampai ke daerah-daerah terpencil dan pelosok.

Baca juga: Kongres Pemuda Katolik di Palangka Raya didukung penuh Kapolda Kalteng

"Pemuda Katolik juga harapannya mendorong pemerintah pusat dan daerah memperhatikan pembangunan, pemeliharaan dan peningkatan rumah-rumah ibadah, khususnya bagi umat katolik di daerah terpencil yang selama ini sepertinya kurang mendapatkan perhatian," kata dia.

Menurut dia, harapan tersebut sangat tepat jika disesuaikan dengan kondisi saat ini. Di mana di seluruh Indonesia, termasuk di Kalteng, dilaksanakan pemilihan kepala daerah, baik tingkat provinsi maupun kabupaten/kota.

"Karena pelaksanaan kongres ini bersamaan dengan tahapan Pilkada serentak 2024, diharapkan pemuda Katolik juga turut serta berkiprah menciptakan suasana yang aman, nyaman dan kondusif," demikian Zainal.

Ketua Komda Kalteng Freddy Simamora pun mengucapkan terimakasih atas dukungan yang disampaikan Ketua beserta Pengurus PWI Kalteng, terhadap pelaksanaan Kongres Nasional XIX Pemuda Katolik di Palangka Raya.

Dia mengatakan kongres yang nantinya akan dihadiri 1.000 lebih anggota dan pengurus Pemuda Katolik dari seluruh Indonesia itu, tentunya sangat tepat untuk mengenalkan kemajuan pembangunan provinsi ini, termasuk lebih meningkatkan pemahaman terhadap falsafah Huma Betang yang dianut masyarakat di daerah ini.

"Apa yang menjadi harapan Ketua PWI Kalteng itu, tentunya juga menjadi harapan kami di pengurus dan anggota Pemuda Katolik Kalteng. Itulah alasan kami kenapa beberapa tahun lalu berjuang untuk menjadikan Kalteng sebagai tuan rumah Kongres Nasional XIX Pemuda Katolik ini," demikian Freddy.

Baca juga: Paparkan kesiapan, Kongres Pemuda Katolik se-Indonesia dilaksanakan Oktober 2024

Baca juga: Paparkan kesiapan, Kongres Pemuda Katolik se-Indonesia dilaksanakan Oktober 2024

Baca juga: BPIP: Kalteng jangan pernah lelah membumikan Pancasila